Sep 24, 2013

Apa yang dilihat itulah yang dinilai


Sobat, pernahkah kamu pergi ke sebuah toko buku. Dan apa yang kamu lihat disana ? Tentunya ribuan buku yang berjejer di rak buku dan begitu rapi berjejeran. Tapi tak selamanya kita berminat untuk membaca semua buku tersebut. Dan ketika kita mengambil satu buku saja, pasti yang pertama kali kita lihat, kita perhatikan, kita nilai, bahkan langsung kita suka atau tidak suka, yang pertama kali adalah cover atau sampulnya. Meskipun kita tidak pernah tau isi dari buku tersebut, tapi ketika kita melihat sampulnya dan sedikit membaca judul bukunya. Maka kita secara otomatis akan mampu menilai dari apa yang terkandung dalam buku tersebut. Itulah sobat yang melatar belakangi maksud dari tulisan ini. Dan mari kita hubungkan terhadap dunia remaja ketika seseorang saling bertemu untuk pertama kalinya.

Seorang cowok akan mampu tertunduk ketika melihat cewek berjilbab, cowok mampu terpaku menatap wajah cewek ketika melihat wajah yang cantik mempesona. Begitupula cewek juga akan mampu terkesan ketika melihat pria tangguh, tampan, dan berotot didepannya. Dan ketika pertama kali melihatnya, dijamin kebanyakan orang langsung menilai dari apa yang dilihatnya.

Hal yang pertama kali yang dinilai biasanya adalah tentang penampilan, seseorang baik cowok maupun cewek akan menilai seseorang dari penampilannya. Sebenarnya sobat, penampilan itu tidak perlu harus terlalu gaul, aneh, mengikuti perkembangan jaman, hingga berlebihan. Justru yang baik itu adalah berpenampilan yang sopan, rapi, bersih, dan elegan untuk dipandang. Pastinya sobat harus tau, bahwa orang cantik atau tampan walaupun pakaiannya tak selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin lama semakin terpengaruh dari budaya asing ini dia akan tetap terlihat cantik atau tampan. Memang sebagian orang akan menilai bahwa yang bagus itu yang keren dan gaul, dan sebagian lagi ada yang menyebut bahwa yang bagus adalah yang sopan, dan rapi. Nah maka dari itu kita harus pandai-pandai memilihnya. Tapi kalau saran saya kamu harus sopan, rapi, namun juga harus gaul dan keren dalam berpenampilan.

Lalu yang dinilai selanjutnya adalah wajah kamu. Tak mungkin kan jika melihat seseorang yang pertama kali diperhatikan adalah tangan atau kakinya. Pasti kebanyakan yang menjadi titik fokus pandangan tetaplah wajah. Yang ketiga adalah fisik, entah kenapa sekarang ini kebanyakan orang akan menilai fisik dahulu daripada hal lainya. Dan yang selanjutnya sebagai penilaian adalah sikap kamu saat pertama kali dilihat. Sifat kamu juga sangat berpengaruh walaupun sekecil apapun sifat kamu itu. Pasti orang tersebut akan menilainya.


Maka dari itu marilah kita berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Karena setiap orang akan menilai kita dari apa yang dilihatnya. Dan buat yang suka-suka nilai orang dari apa yang dilihat, sebaiknya berpikirlah yang positif dan jangan terlalu menjurus ke pikiran-pikiran yang negatif.