Aug 29, 2013

Tips Supaya Punya Banyak Teman


Punya banyak teman merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita. Apalagi bagi seorang remaja, seorang teman adalah suatu subyek yang harus dipenuhi. Bayangkan saja kalau kita hidup tanpa teman. Bagaimana sobat ? Sepi sekali bukan. Lalu sudah berapa kali kita meminta bantuan seorang teman ? Pastinya sudah sering kan. Memang sih, sifat seorang teman itu berbeda-beda dan tak pernah sama. Ada yang menyenangkan, ada yang menjengkelkan, ada yang lucu, ada yang serius, ada yang cuek, ada yang pintar, ada yang cool, dan banyak lagi deh. Nah karena perbedaan itu maka kita harus mampu menyesuaikan diri supaya memiliki banyak teman. Harus diketahui bahwa punya teman banyak tergantung dari kamu sendiri. Berikut tips selengkapnya untuk membuat diri ini memiliki banyak teman :

Menerima apa adanya
Maksudnya kita harus bisa menerima kelebihan dan kekurangan teman kita. Jangan sampai karena teman kamu cacat misalnya. Kemudian kamu menjauhi dan tak mau berteman karena dia hanya menyusahkan saja. Sebaiknya kita harus menerima semua teman apapun kekurangan dan juga kelebihannya.

Tidak memilih - milih
Berlatihlah untuk dapat berteman dengan siapapun, dan dari latar belakang apapun teman itu. Dengan demikian, pertemanan dapat berjalan tanpa niatan apapun. Pertemanan yang tidak memilih-milih serta tulus akan dapat berikan rasa nyaman. Walau demikian, ada yang perlu di perhatikan, yakni karakter serta rutinitas dari rekan kita itu. Apakah ia mempunyai karakter yang jelek ? apakah ia mempunyai rutinitas yang membahayakan, seperti pergaulan bebas atau mengonsumsi narkoba ? So, pilihlah teman yang baik dan tidak berefek buruk pada dirimu sendiri.

Bergaul dengan orang yang kamu temui
Berusahalah untuk bicara dengan lima orang sehari. Pembicaraan tersebut tidak mesti panjang atau berbentuk pribadi, namun dengan bergaul aktif kepada orang-orang di sekitar, kamu dapat terbuka tanpa malu bergaul pada kesempatan-kesempatan pertemanan yang baru.

Mengawali perbincangan dengan orang baru
Anggaplah semua orang itu sama walaupun tidak pernah mengenalnya. Mulailah dengan berbincang-bincang dengan orang yang belum kamu kenal. Ide pembicaraan pun banyak sekali. Kamu bisa mencari ide pembicaraan sesuai situasi di tempat itu.

Perlihatkan ketertarikan pada orang lain
Langkah terbaik untuk menarik teman-teman baru yaitu memperhatikan situasi orang-orang di sekitarmu. Waktu anda bertemu dengan orang-orang baru, berfokuslah untuk mendapatkan informasi tentang situasi mereka dengan bertanya pertanyaan-pertanyaan yang bijaksana dan sopan.

Senantiasa tersenyum serta jangan cemberut
Tersenyumlah pada siapa saja, baik pada orang yang dikenal ataupun orang yang belum dikenal. Mengangguk serta tersenyum adalah kesan orang yang ramah. Tak perlu ragu-ragu untuk berikan kode bahwa ingin berbincang-bincang dengannya serta mengetahui lebih dekat dengannya.
Jika berdua dengan seseorang kemudian tersenyum padanya, dapat membuatnya ia berminat berbincang-bincang denganmu. Jangan tampilkan muka murung karena dapat membuat orang-orang sekeliling jadi sumpek.

Tidak terlampau kaku serta pendiam
Saat kamu jalan dengan temanmu lantas rekanmu itu mempunyai seorang teman yang kebetulan kamu belum mengenalnya. Silahkan coba ikuti gayanya serta cobalah juga untuk bicara dengannya. Keluarkan pengucapan yang sesuai dengan teman barumu, bila ia bicara dengan bahasa halus, cobalah untuk halus dengannya. Tetapi bila nyatanya orangnya keras serta style bicaranya sok gaul, cobalah sedikit gaul di depannya supaya dia jadi nyaman denganmu.

Mempunyai jiwa korsa
Apa itu jiwa korsa ? jiwa korsa menurut guru bahas inggris saya yaitu jiwa yang satu sama lain saling rasakan. Contohnya waktu membolos sekolah bila di antara rekan tertangkap namun yang lain sukses lolos maka dengan suka hati kita juga turut mengakui kesalahan dan di hukum berbarengan. Jiwa korsa bisa di artikan sebagai waktu suka bersama serta waktu sedih juga bersama.

Jalin jalinan dengan rekan-rekan kerja
Berusahalah mengetahui rekan-rekan kerja. Berteman dengan teman kerja dapat memerlukan waktu, namun sekurang-kurangnya kamu telah mempunyai satu kesamaan yakni kalian bekerja di area yang sama.

Hubungi kembali teman-teman lama
Bertemu dengan teman saat kecil pastinya sangatb mengasyikkan dikarenakan membawa kenangan lama. Apalagi, bisa jadi tidak cepat tua dikarenakan teman-teman dari kecil umumnya mempunyai beragam ketertarikan serta kesamaan yang sama, hingga saat-saat berbarengan dengan mereka senantiasa merasa fresh.

Berkumpul dengan orang yang mempunyai ketertarikan yang sama
Waktu telah dewasa, kesamaan yang dimiliki dapat membuat seseorang awet berteman dengan beberapa orang. Misalnya orang yang mempunyai mobil yang sama dapat saling berkumpul didalam satu klub pengagum type mobil tersebut, serta menjalin pertemanan sampai beberapa puluh tahun.

Pro aktif saat menolong teman
Bersiaplah untuk membantu teman-temanmu ketika kesulitan. Pertemanan terkadang berakhir jika seseorang mengalami kesulitan serta temannya tak ada di sana untuk membantu dirinya.

Berfikir sebelum bicara
Satu hari kamu membawa duit sebesar 200 ribu rupiah yang ingn di pakai untuk membayar bulanan di sekolah. Dikarenakan ceroboh, kamu teringat bahwa waktu duit hilang. Kamu tengah berbarengan teman yang menurut kamu orangnya nakal. Tanpa berfikir panjang kamu segera saja menuduhnya. Ingatlah bahwa seorang walau dia orang jahat serta nakal. Dia belum tentu merugikan apa lagi hingga mengambil duit kamu. Lidah lebih tajam dari pedang.

Tidak menyakiti perasaan
Di dalam satu kelas di sekolah umumnya ada  orang nakal serta sebagian orang pendiam. Orang-orang nakal ini kerapkali mengejek serta mentertawakan si pendiam dan menyebutkan mereka dengan kalimat yang menyakitkan si pendiam. Menurut si orang nakal hal tersebut adalah biasa, tetapi ketahuilah bahwa untuk orang pendiam tadi mereka akan amat sakit hati. Bila suatu saat nanti kelak mereka di beri peluang untuk berhasil, belum pasti mereka akan terima orang nakal tadi untuk jadi pekerjanya walau dia tau bahwa orang nakal tadi dulu satu sekolahan dengannya.

Janganlah bergosip
Janganlah bicara mengenai orang lain di belakang mereka. Itu cuma mengacaukan persahabatan, serta juga menghindarkanmu untuk mempunyai teman-teman baru.

Bersikaplah jujur dengan orang lain
Menyebutkan yang sesungguhnya pada orang lain tanpa menyakiti perasaan mereka merupakan sesuatu wujud kejujuran, serta membuatmu dapat dihormati dan mempunyai banyak teman.

Berdebat dengan langkah yang sehat
Belajarlah untuk berargumen dengan langkah yang santun. Makin baik kamu mengungkap pendapat tanpa mengakibatkan pertemanan bubar atau menyinggung perasaan orang, makin gampang pula kamu mempunyai teman-teman baru.

Berbahagialah untuk teman-teman kamu
Janganlah terlampau kompetitif dengan teman-temanmu. Hidup tidaklah seperti balapan. Rayakan prestasi yang diraih teman-temanmu seperti itu merupakan pencapaianmu sendiri. Karena jika teman kita bahagia pasti kita akan menerima sebuah kebanggaan tersendiri.

Optimis serta jangan malu-malu
Umumnya orang yang punya sedikit teman yaitu mereka yang tidak memiliki rasa optimis untuk bersatu. Mereka memiliki pikiran-pikiran yang negatif seperti takut pembicaraannya tak lagi ditanggapi serta tidak nyambung, takut di ejek maupun di hina, dan seterusnya. Kamu mesti hindari ini, berpikirlah positif. Bila pikiran yang positif jadi suatu kebiasaan, maka orang-orang yang ada di sekitar dapat jadi nyaman denganmu.

Senang menolong teman
Janganlah cuek pada temanmu. Bantulah temanmu bila ia alami kesusahan. Tolonglah tanpa pamrih serta tanpa mengharap apa pun. Teman akan nyaman bila kamu sering menolongnya. Teman pasti tak akan melupakan pertolongan tersebut. Dan suatu saat bila kita  yang alami kesusahan, maka kita akan dibantu.

Jangan sia-siakan teman
Waktu bersekolah, kita mempunyai banyak teman. Dari mulai belasan, beberapa puluh, sampai beberapa ribu. Tetapi, kita cuma bersahabat dengan sebanyak beberapa orang saja. Waktu beranjak lebih tua, jumlah teman umumnya tinggallah sedikit. Dan terkadang setelah keluar dari sekolah itu kita sudah tak berkomunikasi lagi. Maka dari itu sebaiknya terus pertahankan teman sekolahmu. Walaupun sudah lulus sekolah tapi tetap jalin silaturahmi.

Tahan emosi
Emosi atau rasa keinginan untuk marah, sangat beresiko didalam pertemanan. Teman yang kompak serta baik yaitu yang tidak saling mengecewakan serta tidak menomorsatukan rasa marah pada satu sama lain. Konflik mungkin pasti muncul ketika berteman, namun dapat dikendalikan dengan motivasi kekompakan.

Selalu jalin Silaturahmi
Biasakan untuk saling bersilaturahmi dan jangan hanya berteman biasa saja. Jagalah silaturahmi antar teman jangan sampai putus ditengah jalan.



Dengan tips diatas semoga saja membantu kamu supaya punya banyak teman. Dan berbahagialah kamu ketika dikelilingi oleh teman-teman yang baik yang akan selalu ada buat kamu.