Aug 29, 2013

Tips Memilih Shampo yang Cocok untuk Rambut


Memilih shampo sering sekali disepelekan. Buat cowok maupun cewek, keramas adalah hal yang bisa dijadikan sebuah kebiasaan rutin. Karena keramas tak lepas dari zat yang namanya shampo. Maka dalam memilih shampo kita tidak boleh salah sehingga tidak berdampak buruh terhadap rambut kita. Nah buat sahabat gen22, kali ini kita akan bahas bagaimana sih cara untuk memilih jenis shampo yang benar dan cocok untuk rambut kita itu ?


Kenali struktur atau type rambut

Yang pertama kali mesti diketahui untuk menentukan sampo yang pas yaitu mengenali struktur rambut. Apakah si rambut lurus atau keriting ? apakah si rambut berbatang besar atau tidak tebal ? apakah si rambut rapuh atau kuat ?

Dari struktur inilah anda bisa memilih sampo mana yang perlu dipilih. Rambut keriting, tidak pas menggunakan sampo berjenis volumizing dikarenakan dapat membuatnya makin mengembang. Justru rambut tipislah yang memerlukan sampo volumizing hingga tampak lebih diisi.

Namun rambut berbatang besar, condong memerlukan kelembapan yang tidak bikin minyak didalamnya makin jadi tambah banyak.

Berikut cara selengkapnya menentukan shampo yang cocok sesuai struktur atau type rambut :

1. Rambut keriting
Struktur rambut seperti ini umumnya condong lebih gampang kering serta mengembang, dikarenakan rendahnya tingkat kelembaban pada rambut. Maka shampoo yang pas adalah shampoo yang mempunyai fungsi sebagai pelembab kulit kepala serta rambut. Untuk melindungi kelembaban kulit kepala serta rambut tak ada salahnya bila menggunakan kondisoner rambut. Struktur rambut keriting amat disarankan untuk tidak menggunakan type shampoo volumizing dikarenakan dapat jadikan rambut makin mengembang, dan jauhi untuk senantiasa membasahi rambut yang dapat mengakibatkan hilangnya kelembaban rambut dan dapat menyebabkan rambut jadi rusak.

2. Rambut yang diwarnai
Bila kamu suka mewarnai rambut anda gunakanlah lah shampoo dengan kandungan protein serta pelembab yang cukup banyak. Untuk hindari supaya warna cat rambut anda tidak cepat memudar maka jauhi shampoo yang mempunyai kandungan kastor sulfat. Maka dari itu, teliti terlebih dulu kemasan pada shampoo apakah memiliki kandungan kastor sulfat atau tidak.

3. Rambut berminyak
Bila rambut kamu senantiasa tampak basah, lepek serta merasa halus maka kamu termasuk salah satu orang yang mempunyai rambut berminyak. Type rambut ini cukup gampang dirawat serta amat banyak product sampo yang disiapkan spesial untuk type rambut seperti ini. Shampo yang baiknya kamu pakai yaitu jenis shampo yang berperan sebagai pembersih kulit kepala serta rambut.

4. Rambut kering atau rusak
Diantara wujud rusaknya rambut yang kerap ditemukan yaitu rambut pecah-pecah serta bercabang, tidak cuma pada ujungnya, tetapi juga di bagian tengah rambut tersebut. Shampo yang sangat pas dipakai untuk rambut kering yaitu sampo yang kaya vitamin serta berupa seperti krim atau tidak terlampau cair. Penyebab utama dari rusaknya rambut ialah kelembaban yang hilang di bagian kulit kepala, kerap mengeringkan rambut dengan hair dryer, pengeritingan, calat blow rambut, hair extension , alat catok, mewarnai, pelurusan, dan lain-lain.
Walau serupa dengan masalah yang berlangsung pada rambut keriting tetapi sampo yang diperlukan berbeda. Bila pada rambut keriting diperlukan sampo dengan tingkat kelembaban tinggi, tetapi pada rambut yang kering atau rusak lebih memerlukan sampo yang berperan untuk menutrisi serta melembutkannya tanpa kurangi tingkat kelembapan.

Pahami masalah pada rambut

Ketahui masalah rambut yang tengah kamu alami sekarang ini. Apakah kamu tengah alami atau rambut berminyak, rambut rontok, rambut bercabang, atau rambut berketombe ?
Bila telah tahu apa masalah rambut yang kamu alami, kamu dapat memilih shampoo cocok sesuai dengan masalah rambut. Konsentrasikan terhadap satu pilihan serta tidak melirik sampo lain lagi.

Ketahui bahan dasar shampoo

Kenali beberapa bahan yang dipakai pada shampoo yang akan kamu beli atau pakai didalam perawatan pada rambut. Pastikan shampoo yang memakai bahan yang lembut. Pastinya dengan bahan yang lembut ini tidak mengakibatkan kerusakan kulit termasuk pada kulit kepala kamu. Cermati juga bahan dasar yang dipakai pada shampoo yang memiliki kandungan sodium laureth sulfate. Pada bahan ini umumnya dipakai untuk bikin shampoo jadi berbusa, dampak yang diakibatkan dari pemakaian bahan tersebut bisa mengakibatkan rambut jadi kering juga bisa mengangkat kelembapan alami pada rambut. Pastikan shampoo yang mempunyai sedikit kandungan bahan ini atau jauhi shampoo yang memakai bahan ini sebagai bahan utamanya.

Untuk Shampoo serta conditioner. Kedua product ini mempunyai fungsi serta tugas tersendiri saat menjaga keindahan serta kesehatan rambut. Pemakaian kedua bahan ini juga tidak sama, baiknya pakai shampoo serta conditioner dengan terpisah. Karena saat menggunakan conditioner pastinya diharuskan tidak mengenai kulit kepala kamu. Pada prinsipnya shampoo ditujukan untuk melindungi kesehatan kulit kepala namun conditioner bermanfaat untuk melindungi kesehatan rambut.

Cermati kulit kepala

Mencermati situasi kulit kepala sebelum memastikan pada shampoo apa yang pingin dipakai juga butuh kamu lakukan. Bila kamu mempunyai type kulit kepala yang berminyak, baiknya jauhi shampoo yang mempunyai label/keterangan smoothing , hydrating, dan moisturizing. Shampoo yang bercirikan tersebut bila dipakai pada kulit kepala yang berminyak dapat mengakibatkan rambut jadi lebih lembab serta terlihat lepek. Untuk type kulit kepala kering baiknya kamu memakai shampoo yang memiliki bahan dasar menthol maupun tea tree oil, bahan ini berperan dengan baik untuk melembabkan dan berikan kesegaran pada kulit kepala yang kering.

Pertahankan pada pilihan

Bila didalam pemakaian satu type shampoo serta sudah memberikan hasil yang nyata kamu dapatkan, baiknya pertahankan pilihan tersebut. Janganlah coba-coba untuk ganti shampoo yang sudah kamu pakai serta dapat dibuktikan memberikan hasil tersebut. Hasil yang baik pada pemakaian pilihan shampoo yang baik yaitu rambut jadi lebih lembut, tak adanya rasa gatal dikulit kepala dan rasa nyaman pada rambut setiap saat.


Semoga dengan adanya tips memilih shampo yang dibahas dalam artikel ini bisa membantu kamu dalam merawat rambut kamu. Serta kamu tidak merasa kebingungan atau salah dalam memilih jenis shampo yang benar.