Aug 27, 2013

Khasiat dan Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan

Manfaat dan Khasiat bengkoang untuk kecantikan muka memanglah telah bukan hanya isapan jempol belaka. Tengok saja sangat banyak product kecantikan muka yang memakai bengkoang sebagai bahan utamanya.  Nah sobat gen22 , kali ini akan kita bahas apa aja manfaat dan khasiat bengkuang dalam kecantikan itu...

Siapa sih yang tidak mau memiliki kulit muka serta badan yang putih berseri ? memiliki kulit putih berseri yaitu idaman tiap-tiap wanita indonesia biasanya. Mempunyai kulit muka yang putih pastinya dapat menambah rasa keyakinan diri beberapa wanita. Contohnya ketika memakai pakaian, apa pun bajunya bila yang memakainya mempunyai kulit bersih tentunya dapat tampak pas dan cocok sekali.

Lantas untuk memperoleh kecantikan muka seperti itu bagaimana langkahnya ? nah sekarang ini barangkali umumnya beberapa kaum wanita malas jika memakai langkah alami yang cukup merepotkan, soalnya telah banyak lotion maupun bedak pemutih yang banyak beredar yang memanglah telah memakai bengkoang sebagai bahan utamanya.

Bengkoang ini amat baik untuk kulit dikarenakan memiliki kandungan berguna seperti pachyrhizon, rotenon, vit. b1 serta c, kalsium, inulin, dan antioksidan. Sebagian zat yang terkadung didalamnya ada yang dapat jadikan kulit putih serta dapat mencerahkan kulit muka. Manfaatnya telah dibuktikan dengan turun-temurun, serta amat gampang untuk kita memperolehnya.

Berikut ini beberapa khasiat dan cara menggunakan bengkoang :

1.       Cara menyingkirkan flek hitam di wajah :

Untuk menyingkirkan flek hitam atau bersihkan, serta mencerahkan muka, kita dapat memakai bengkoang dan membuatnya sebagai masker. Untuk membuat masker bengkoang mari gunakan langkah berikut ini:

1. Ambil bengkoang yang tetap fresh secukupnya kemudian parut
2. Bersihkan muka dulu dengan air hangat
3. Hasil parutan usapkan di wajah
4. Tunggu 15 – 30 menit sampai agak kering
5. Cuci hingga bersih muka dengan air hangat, lantas basuh kembali dengan air dingin
6. Keringkan memakai handuk bersih hingga betul-betul kering
7. Lakukan dengan teratur, sekurang-kurangnya 2 kali 1 minggu atau cocok sesuai keperluan

Umumnya dampak dari memakai sari bengkoang ini dapat berikan kesejukan di muka. Nah karena terkadang semua kulit tidak selalu peka terhadap masker bengkuang. Baiknya oleskanlah sedikit dahulu ke kulit muka anda serta diamkan semalaman, kemudian perhatikan reaksinya. Jika tidak menyebabkan reaksi kulit yang disebabkan oleh kulit yang peka maka anda dengan tenang dapat terus memakainya. Tetapi jika terjadi suatu hal pada kulit anda maka ada baiknya janganlah diteruskan.

2.       Bengkoang sebagai bedak untuk mendinginkan dan memutihkan wajah

Bedak dingin bengkoang berguna untuk mendinginkan, membuat rileks, sekalian jadikan putih muka alami yang cukup popular dikalangan penduduk masyarakat. Pembuatannya cukup gampang serta dapat dikerjakan oleh siapapun dikarenakan bahan serta juga alat memanglah gampang untuk didapat.

Langkah atau panduan jadikan putih muka dengan bengkuang dapat anda simak di bawah ini :

1. Cari kurang lebih 2 buah bengkoang yang tetap fresh yang dicuci bersih serta diparut
2.  Ambil sari pati dari endapan air perasan bengkoangnya, supaya lembut bengkoang kita blender
3. Setelah bengkuang di blender halus, kemudiab imbuhkan sedikit air serta diperas. Air perasan ini didiamkan  4 hingga 5 jam hingga pati dari bengkoang mengendap semuanya.
4. Pati hasil dari endapan air bengkoang inilah yang dapat jadikan bedak dingin, berikan di wajah yang  telah dicuci bersih
5. Diamkan kira – kira 15 hingga 30 menit sampai menjadi kering, kemudian segera basuh dengan air yang hangat.

Tak hanya langkah di atas ada juga yang menambahkannya dengan tepung beras serta juga dengan tehnik pengeringan agar lebih awet serta dapat dipakai untuk waktu yang lebih lama. Untuk langkahnya simak penuturannya di bawah ini :

1. Siapkan terlebih dulu kurang lebih 100gr tepung beras.
2. Pati / sari bengkoang yang berbentuk endapan berwarna putih dari endapan air perasan bengkoang kita campur dengan tepung beras tadi hingga rata.
3. Setelah digabung maka kita dapat membentuknya jadi bulatan sebesar kelereng. Kemudian dipipihkan serta dijemur di bawah terik matahari.
4. Setelah kering kita dapat menyimpannya untuk masa datang
5. Untuk memakainya, kita dapat melunakannya memakai air putih atau tambah baik lagi bila memakai air bunga mawar.
6. Oleskan di wajah seperti yang telah diterangkan diatas.

Bengkoang mempunyai dampak pendingin dikarenakan umbi ini mempunyai kandungan air yang cukup tinggi yaitu 86-90%. Umbi ini amat bagus untuk penderita diabetes dikarenakan rasa manis yang diakibatkan tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Ini dikarenakan rasa manis datang dari oligosakarida yang dimaksud inulin.


Dengan mengetahui manfaat dan khasiat serta cara  bengkoang untuk kecantikan semoga dapat bermanfaat bagi kamu semuanya. Jadi sobatku gen22 bahwa bahan alami sebenarnya jauh berkhasiat dan sedikit resikonya dibanding bahan kimia.