Bahaya Begadang dan Nongkrong Malam bagi Kesehatan

Begadang dan nongkrong malam hari merupakan aktivitas yang sering  dilakukan oleh siapa saja. Tak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak remaja. Banyak hal yang menyebabkan seseorang sering-sering begadang dan nongkrong. Diantara penyebab itu antara lain karena tidak adanya aktivitas, karena malas, kebiasaan , stress atau juga ada yang mengatakan “bukan remaja yang gaul kalau tidak nongkrong”. Jelas itu merupakan perkataan yang sangat salah dan tidak benar mengingat banyak sekali bahaya apabila sering begadang ataupun nongkrong ini. Salah satunya adalah membuang-buang waktu dan juga mengurangi waktu istirahat. Ini sungguh hal yang tidak efektif dan tidak mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Lalu apa saja bahaya apabila sering begadang dan nongkrong bagi kesehatan tubuh kita ? Mari simak beberapa bahaya apabila sering nongkrong atau begadang berikut ini :

Mengalami Insomnia
Apabila terlalu sering begadang atau nongkrong otomatis kamu akan kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami insomnia hingga sangat susah tidur karena kebiasaan nongkrong atau begadang tersebut.

Mempercepat Kegemukan hingga Obesitas
Orang yang suka begadang atau nongkrong pasti akan terbawa nafsu nya untuk selalu ingin ngemil dan makan hingga berlebihan. Menurut penilitian ini pengaruh dari hormon.

Mudah stress
Stress juga bisa terjadi akibat dari keseringan begadang atau nongkrong. Apalagi jika begadang sendirian dan tidak ada teman untuk berkomunikasi pasti akan lebih mudah membuat stress.

Menimbulkan gejala stroke
Dalam sebuah hasil penelitian bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam akan lebih terkena resiko stroke empat kali lipat daripada orang yang tidur tujuh hingga delapan jam. Resiko tersebut berlaku untuk seseorang yang memiliki indeks masa tubuh normal.

Bisa menyebabkan diabetes
Ternyata orang yang tidak tidur tubuhnya bisa mengalami resistensi insulin yakni kondisi dimana insulin sudah tidak mampu mengatasi kadar gula darah.

Dapat memicu penyakit hipertensi
Hipertensi yaitu kondisi ketka seseorang mengalami peningkatan tekanan darah secara kronis. Hipertensi juga merupakan pemicu gejala stroke dan tak lain penyebab salah satunya adalah karena kurangnya tidur.

Pola makan tidak teratur
Jika kurang tidur maka pembagian waktu akan kurang efektif sehingga tidak bisa membagi waktu makan. Orang yang sering begadang biasanya seringkali makan dan juga terkadang tidak nafsu makan. Bahkan tak selalu makan tiga kali dalam sehari.

Resiko serangan jantung
Kurang tidur mengakibatkan tubuh memproduksi senyawa kimia ataupun hormon yang kemudian dapat memicu penyakit jantung. Jadi sering begadang bisa saja memicu terkena resiko serangan jantung.

Sulit berkonsentrasi
Dari hasil penelitian membuktikan orang yang tidurnya tidak teratur akan mudah pelupa hingga tak bisa fokus dengan yang dihadapi termasuk pekerjaan.

Mempercepat Kematian
Studi pada tahun 2010 telah menyimpulkan apabila seseorang yang kurang tidur tidak lebih dari enam jam sehari bisa menyebabkan meninggal lebih cepat dalam periode 14 tahun.


Setelah kita mengetahui dampak akibat dari begadang dan nongkrong malam, ada baiknya kita menjauhi aktivitas ini dan tidak melakukannya. Seperti lirik lagu dari bang Rhoma “Begadang jangan begadang kalau tiada artinya... begadang boleh saja kalau ada perlunya.....”
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: