Jul 11, 2013

5 Makanan untuk Menghilangkan Bau Mulut

5 Makanan untuk Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut atau dalam istilah medis dikenal dengan Halitosis sering menjadi masalah ketika bulan Puasa tiba. Ya, puasa bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut karena tidak adanya asupan makanan dan air yang sebenarnya bisa membersihkan kuman yang bersarang di mulut.

Cara menghilangkan bau mulut sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mampu menjaga mulut agar tetap segar selama berpuasa. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk menghilangkan bau mulut seperti dilansir Merdeka.com. Anda bisa mengkonsumsinya pada saat berbuka puasa dan makan sahur.

1. Teh

Minuman teh, khususnya teh hitam dan teh hijau mengandung antioksidan bernama polifenol yang ampuh membasmi bakteri penyebab bau mulut. Penelitian di Pace University telah membuktikan khasiat tersebut. Syaratnya, minuman tersebut dikonsumsi tanpa gula.

2. Yoghurt

Selama tidak ditambah dengna pemanis, yoghurt bisa mengurangi populasi bakteri penyebab bau mulut. Berbagai penelitian bahkan membuktikan, konsumsi yoghurt secara rutin bisa mengurangi plak atau karang gigi dan risiko berbagai penyakit gigi dan mulut.

3. Air putih

Membasahi kerongkongan sesering mungkin adalah cara ampuh untuk menangkal bau mulut. Sebagian besar bakteri penyebab bau mulut bersifat anaerob yang artinya lebih mampu bertahan hidup pada kondisi kering. Selain itu, banyak minum juga merangsang produksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih.

4. Kemangi (penangkal bau sambal bawang)

Bawang merah maupun bawang putih memiliki 33 senyawa berbau tidak sedap dan membuat napas jadi bau. Penangkalnya adalah kemangi, yang bisa untuk lalap sambal bawang. Kandungan polifenolnya bisa menetralkan senyawa-senyawa penyebab bau mulut pada bawang.

5. Apel dan Bayam

Kedua bahan makanan ini mengandung serat yang berfungsi seperti sikat saat dikunyah. Mengunyah apel atau makanan berserat lainnya adalah cara ampuh untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Selain itu, apel dan bayam juga mengandung polifenol yang menjaga kesehatan rongga mulut.

6. Lemon

Caranya, hisap irisan lemon, atau gigit kulitnya. Ini bisa Anda lakukan dengan mudah di restoran manapun jika Anda memesan minuman dengan hiasan jeruk nipis. Jika tidak, Anda bisa memesan minuman lemon atau jeruk. Permen beraroma lemon juga dapat digunakan, dan lebih mudah dibawa kemana-mana.

7. Peterseli dan sayuran hijau lain

Jika dalam piring Anda ada peterseli, jangan anggap sebagai hiasan. Itu bisa Anda gunakan untuk menyegarkan nafas Anda kembali. Caranya kunyah saja tangkai peterseli. Kemangi dan rosemary juga bisa digunakan jika peterseli tidak ada.

8. Tangkai mint atau batang kayu manis

Selain memiliki rasa yang kuat, dua bahan ini bisa menyingkirkan aroma belerang dari bawang putih dan bawang merah. DItambah lagi, minyak esensial dalam kayu manis bisa membunuh banyak bakteri. Permen rasa mint dan kayu manis juga sama efektifnya. Jika Anda memilih permen mint, usahakan yang menggunakan xylitol. Selain memberikan nafas yang segar, xylitol juga mencegah gigi berlubang.

Nah, semoga dengan mengkonsumsi jenis makanan di atas, ibadah puasa Anda tidak terganggu oleh bau mulut tak sedap.