Beberapa Penyebab Alergi Pada Anak

Penyebab Alergi Pada AnakAlergi merupakan salah satu penyakit yang unik, karena memiliki penyebab yang berbeda-beda pada setiap orang. Orang yang memiliki alergi terhadap susu, belum tentu alergi terhadap ikan atau daging. Begitu juga dengan gejala yang ditimbulkan, antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda. Ada yang gelisah, gatal-gatal kemerahan di kulit sampai mengalami sesak nafas dan muntah-muntah.

Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh. Namun, zat ini justru menjadi salah satu pemicu alergi pada anak-anak. Lebih jauh lagi dr Indra menjelaskan beberapa hal yang menjadi peyebab alergi pada anak seperti dilansir Detik Health berikut ini:

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein dan seringkali disarankan untuk mendukung proses pertumbuhan dan pembentukan postur pada anak. Sayangnya, untuk anak yang mengalami alergi pada telur sudah tentu tidak dapat menikmatinya.

Menurut dr Indra, protein di dalam telur sendirilah yang menyebabkan reaksi hipersensitifitas. Seperti yang diketahui kekurangan protein pada anak-anak dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan.

2. Ayam (termasuk ayam kampung)

Kebanyakan anak-anak sangat menyukai makanan yang satu ini, apalagi jika digoreng. Ayam memiliki kandungan lemak di dalamnya, hal inilah yang dapat memungkinkan anak terkena alergi. dr Indra berkata terdapat 3 nutrisi makanan yang dapat menyebabkan alergi yaitu protein, karbohidrat, dan lemak.

3. Ikan

Ikan dan jenis binatang laut lainnya diketahui merupakan penyebab alergi paling tinggi. "Makanan laut adalah makanan yang paling tinggi dan menonjol yang menjadi penyebab alergi," ucap dr Indra.

Tetapi, untuk anak yang gemar memakan ikan lele boleh bernafas lega. Sebab menurut dr Indra, ikan lele jarang menimbulkan alergi dan merupakan salah satu ikan yang bagus untuk dikonsumsi.

4. Udara (Cuaca)

Udara merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan karena makhluk hidup membutuhkannya untuk bernapas. Tetapi udara dapat memicu alergi pada anak. Hal ini terjadi ketika anak bermain di taman atau kebun.

"Angin di sana akan membawa sari bunga dan itu bisa masuk ke pernafasan," kata dr Indra.

Selain itu, paparan udara dapat menyebabkan tubuh anak yang mengalami alergi menjadi gatal-gatal atau yang biasa disebut biduran.

5. Kacang

Selai kacang adalah salah satu selai yang menjadi favorit anak-anak. Tetapi, untuk mereka yang memiliki alergi terhadap kacang, jangankan selai bahkan minyak yang mengandung kacang untuk bahan pembuat kue pun tak boleh ada di dekat mereka.

Risiko paling ringan adalah gatal-gatal tetapi jika sudah berat dapat menyebabkan sesak nafas seperti yang dialami Kelsey Hough yang ia ceritakan pada ABC news, Senin (13/5/2013). Menurut dr Indra kejadian alergi kacang persentasenya kecil, dan juga untuk kacang kedelai atau mede tidak bersifat manifes.

Baca artikel selanjutnya mengenai tanda-tanda tubuh memiliki reaksi alergi.
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: