5 Fenomena Alam Di Langit Minggu Ini

Bersama Sukses
Fenomena Alam Di Langit
Fenomena alam yang langka, akan dan sudah terjadi minggu ini. Diantaranya hujan meteor Eta Aquarid dan gerhana matahari Annular. Namun fenomena ini hanya muncul di beberapa belahan dunia saja. Maka berbahagialah anda yang masih bisa menyaksikan fenomena alam yang langka ini. Karena tidak semua orang bisa melihatnya.

1. Hujan Meteor Eta Aquarid

Mulai Senin malam (6/5) kemarin, bumi menjadi saksi bisu dari melintasnya sebuah meteor. Meteor ini bernama Eta Aquarid.

Dari bumi, meteor ini pun menunjukkan atraksi yang menarik. Apalagi jika bukan atraksi hujan meteor yang menghiasi langit malam.

Tercatat, sejak aktivitas tertingginya 5 Mei lalu, hujan meteor ini akan terjadi dalam setengah minggu ini dan menampilkan 6 meteor per jam-nya.

2. Venus terlihat di langit malam

Sejak Selasa (7/5), kita bisa melihat kehadiran planet kedua yang paling dekat dari matahari dalam sistem tata surya kita. Ya, planet yang dimaksud tersebut adalah Venus.

Sejak hari itu, Venus muncul mulai dari senja malam dan terlihat di belahan bumi bagian barat.

Sayangnya, karena tertutup oleh sinar matahari dan buruknya cuaca, Venus masih belum bisa dilihat secara utuh. Namun, diperkirakan penampakannya akan terus membaik hingga beberapa minggu ke depan.

3. Gerhana Matahari Annular

Mulai Kamis (9/5), dunia akan menjadi saksi bisu sebuah fenomena alam yang sangat langka. Matahari akan tertutup oleh Bulan untuk beberapa saat.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (7/5), fenomena ini pun tak hanya akan terjadi selama sehari saja. Diperkirakan, hal ini akan terulang hingga hari Jumat (10/5).

Adapun fenomena yang lebih dikenal dengan gerhana matahari ini akan sangat jelas terlihat di beberapa tempat di Australia. Selain itu, Samudera Pasifik bagian Selatan juga akan menemui fenomena ini pada hari Jumat.

Gerhana matahari ini sendiri diyakini akan menjadi gerhana sempurna. Hal ini dikarenakan hampir 95 persen matahari akan ditutup sepenuhnya oleh bulan yang melintas tepat di antara matahari dan bumi.

4. Bulan bertemu Venus

Selain kemunculannya di senja malam, Venus di minggu ini akan terlihat berduaan dengan bulan. Hal ini dikarenakan adanya cahaya yang terpantul pula ke Venus.

Fenomena ini sendiri bisa dilihat di bumi bagian barat. Sayangnya, kejadian ini akan terlihat sangat cepat karena Venus berada di dekat garis horizon.

5. Bulan bertemu Jupiter

Selain dengan Venus, rupanya bulan juga mempunyai 'teman' lain di minggu ini. 'Teman' yang dimaksud ini adalah Jupiter, planet terbesar dalam sistem tata surya kita.

Fenomena ini akan terlihat dengan baik pada Sabtu atau Minggu malam. Lagi-lagi, tempat terbaik untuk melihatnya adalah di bumi bagian barat.

Bulan sendiri akan menampakkan fase sabit. Posisi bulan akan berada di kanan bawah dari Jupiter.

Bagi anda yang sedang berada di belahan dunia bagian barat, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat fenomena langka tersebut.
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner