Apr 15, 2013

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Cherry

Buah Cherry
Gen22.net - Manfaat buah Cherry dan kandungan gizinya. Buah ceri mengandung anthocyanin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan.. Ada berbagai spesies ceri, di antaranya P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain-lain. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, di Amerika dan Eropa selatan bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini 3 juta ton per tahun. Selain itu bunga ceri juga dijadikan hiasan.

Beberapa orang mungkin berebut ketika beberapa tangkai ceri tersisa di atas potongan kue tart. Ceri bukan hanya buah yang menggoda dari sisi warna dan bentuknya, namun juga berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah cerry bagi kesehatan seperti dilansir Magsforwomen:

Manfaat dan Khasiat Buah Cherry untuk Kesehatan


1. Sebagai sumber antioksidan
Kekayaan antioksidan, seperti yang kita semua tahu, membantu dalam memerangi stres oksidatif, serta memperlambat proses penuaan. Ceri mengandung senyawa flavonoid polifenolik yang dikenal sebagai glikosida antosianin.

2. Mengatur siklus tidur tubuh
Mengalami gangguan tidur? Efek menenangkan antioksidan melatonin stabil dalam ceri mampu menenangkan sistem saraf bawah, mengurangi stres dan lekas marah dan mengurangi insomnia serta kondisi sakit kepala.

3. Antiinflamasi
Selain sebagai sumber antioksidan, anthocyanin juga bertindak seperti agen antiinflamasi. Dengan demikian, ceri berpotensi sebagai perisai terhadap penyakit kronis menyakitkan beragam seperti beberapa bentuk arthritis dan kondisi otot lainnya. Mereka juga dapat berguna terhadap cedera olahraga. Segelas jus ceri bisa mengembalikan sistem tubuh setelah berolahraga.

4. Efektif mengganti obat penghilang rasa sakit
Karena disebutkan sebelumnya sebagai antiinflamasi, ceri juga memiliki sifat untuk menghilangkan rasa sakit seperti aspirin, motrin atau advil. Sehingga ceri pada akhirnya menciptakan cara alami untuk melawan rasa sakit dan menghindari efek samping berbahaya penggunaan obat.

5. Rendah kalori serta kaya gizi
Ceri adalah makanan rendah kalori dan berisi campuran yang baik dari berbagai mineral yang diperlukan untuk sejumlah kegiatan penting dalam tubuh kita.

6. Detoksifikasi
Ceri juga membantu tubuh dalam membersihkan diri dari zat-zat asing sehingga memberikan cara yang aman alami untuk detoks.

Kandungan Gizi Buah Cherry


Ceri mengandung anthocyanin, pigmen merah dalam berry. Cherry anthocyanins telah ditunjukkan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tikus. Anthocyanin juga antioksidan kuat dalam penelitian aktif untuk berbagai manfaat kesehatan potensial.

Nilai Kandungan gizi Ceri per 100 g (3.5 oz)

  • Energi 263 kJ (63 kcal)
  • Karbohidrat 16 g
  • Gula 13 g
  • Diet serat 2 g
  • Lemak 0,2 g
  • Protein 1,1 g
  • Vitamin C 7 mg (12%)
  • Zat Besi 0,4 mg (3%)