Apr 18, 2013

Manfaat Buah Salak: Kandungan Nutrisi dan Khasiatnya

Buah Salak
Mengenal manfaat buah salak, kandungan nutrisi dan khasiatnya bagi kesehatan. Salak merupakan tanaman asli Indonesia. Salak memiliki nama latin Salacca salak, termasuk jenis pohon palem dari keluarga Arecaceae. Dalam bahasa inggris buah salak disebut Snake Fruit, artinya buah ular. Dinamai snake fruit karena kulit buahnya yang mirip dengan sisik ular. Selain dimakan segar, buah salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik salak. Salak yang muda digunakan untuk bahan rujak. Umbut salak pun dapat dimakan seperti umbut pohon kelapa.

Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda, yakni S. sumatrana Becc.. S. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani, yakni var. zalacca dari Jawa dan var. amboinensis (Becc.) Mogea dari Bali dan Ambon.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa buah salak juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh manusia dan menyembuhkan beberapa macam penyakit. Berikut ini beberapa manfaat buah salak:

1. Salak Sebagai Obat Mata.
Buah salak ternyata mengandung betakaroten,yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata.Penelitian terakhir menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding buah mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan jambu biji dan 5 kali dari semangka merah.

2. Salak Sebagai Obat Diare/Mencret.
Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak kurang lebih 20 gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami.

3. Salak Dapat Sebagai Cemilan Sehat.
Disamping sebagai cemilan sehat sangat berguna sekali bagi Ibu hamil untuk asupan gizi seimbang untuk perkembangan dan pertumbuhan janin yang di kandungnya.

4. Salak Untuk Membantu Program Diet.
Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak memang berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Kandungan Gizi Buah Salak
Melayani Ukuran 100 gr (100 g)


Jumlah per Porsi
Kalori 82 dari Lemak 3.60

% Nilai harian*
Total Lemak 0.40 g 0.6 %
  Lemak Jenuh 0.100 g 0.5 %
Kolesterol 0 mg 0.0 %
Sodium 0 mg 0.0 %
Total Karbohidrat 21.30 g 7.1 %
  Diet Serat 2.7 g 10.8 %
Protein 0.20 g 0.4 %

  Vitamin C10.0 %
  Vitamin B1 Thiamin1.3 %
  Vitamin B2 Riboflavin0.6 %
  Vitamin B3 Niasin0.5 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid0.6 %
  Vitamin B62.5 %
  Kalsium0.7 %
  Besi1.1 %
  Kalium3.3 %
  Fosfor0.7 %
  Magnesium1.3 %
  Tembaga2.0 %
  Mangan2.5 %
  C Sistein0.6 %
  F Fenilalanin0.6 %
  I Isoleusin0.6 %
  K Lisin0.6 %
  L Leusin0.4 %
  M Metionin0.4 %
  T Treonin0.7 %
  Tirosin0.5 %
  V Valin0.5 %
  W Triptofan0.7 %
* Nilai Persen harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemak Kurang dari 65g
Lemak jenuhKurang dari 20g
KolesterolKurang dari 300mg
Sodium Kurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat 300g
Diet Serat25g