Apr 18, 2013

Manfaat Buah Alpukat: Kandungan Nutrisi dan Khasiatnya

Mengenal manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan serta kandungan nutrisi di dalamnya.

Manfaat Buah Alpukat
Alpukat, Apokat, Avokad, atau Avocado memiliki nama latin Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia, termasuk di Indonesia.

Pohon dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter. Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna coklat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan.

Nilai Kandungan gizi Alpukat per 100 g (3.5 oz)

Energi 670 kJ (160 kcal)
Karbohidrat 8,53 g
Gula 0,66 g
Diet serat 6,7 g
Lemak 14,66 g
2.13 g jenuh
monounsaturated 9,80 g
polyunsaturated 1,82 g
Protein 2 g
Thiamine (Vit. B1) 0,067 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,130 mg (9%)
Niacin (Vit. B3) 1.738 mg (12%)
Asam pantotenat (B5) 1,389 mg (28%)
Vitamin B6 0,257 mg (20%)
Folat (Vit. B9) 81 mg (20%)
Vitamin C 10 mg (17%)
Kalsium 12 mg (1%)
Besi 0,55 mg (4%)
Magnesium 29 mg (8%)
Fosfor 52 mg (7%)
Kalium 485 mg (10%)
Seng 0,64 mg (6%)

Sumber: USDA Nutrient database.
Sekitar 75% dari kalori sebuah alpukat datang dari lemak, yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal.Alpukat juga memiliki kalium 60% lebih dari pisang. Mereka kaya akan vitamin B, serta vitamin E dan vitamin K. Alpukat memiliki kandungan serat yang tinggi antara buah-buahan -. Termasuk 75% larut dan serat larut 25% A triol lemak (fatty alcohol) dengan satu ikatan rangkap, avocadene (16-heptadecene-1 ,2,4-triol), ditemukan dalam alpukat.

Asupan tinggi alpukat telah terbukti memiliki efek yang menguntungkan terhadap kadar kolesterol serum darah. Khususnya, setelah tujuh hari diet kaya alpukat, pasien hiperkolesterolemia menunjukkan penurunan 17% kadar kolesterol total serum. Penelitian juga menunjukkan penurunan 22% di kedua tingkat LDL (kolesterol berbahaya) dan trigliserida dan peningkatan 11% pada HDL (kolesterol bermanfaat) tingkat [30] Selain itu tim Jepang disintesis empat komponen kiral dan diidentifikasi (2R, 4R). - 16-heptadecene-1, 2, 4-triol sebagai komponen antibakteri alami.

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Membantu menurunkan berat badan
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang mudah dicerna tubuh, dan lemak jenis ini sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu mengurangi kadar lemak jenuh dalam tubuh. sehingga bagi anda yang sedang menjalankan cara diet sehat, disarankan untuk memasukkan buah alpukat sebagai salah satu menu diet.

Buah Alpukat Mencegah Penyakit Stroke
Buah alpukat memiliki kandungan folat yang sangat tinggi. Kandungan folat tersebut bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi buah alpukat, kemungkinan seseorang terserang stroke akan lebih diminimalisir.

Mengobati Sakit Maag
Sakit maag kalau tidak parah janganlah beli obat dulu. Makan saja sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang sedang menyerang anda.

Membantu Menurunkan Kolesterol
Kandungan beta-sitosterol dalam buah ini yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol

Untuk mata yang bengkak
Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.

Mencegah anemia dan serangan jantung
Di dalam buah alpukat ini mengandung tembaga dan zat besi. Zat besi dan tembaga sangat membantu dalam hal pembentukan sel darah merah, dengan sering memakan buah alpukat dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Buah alpukat juga dapat memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tubuh agar tetap terjaga.

Buah Alpukat Untuk Obat Batu Ginjal
Bahan yang diperlukan : ambil 4 lembar daun alpokat, kemudian 3 buah rimpang teki, siapkan juga 5 tangkai daun randu, lalu setengah biji pinang, 1 buah pala dan 3 jari gula enau.
Cara membuat ramuan : semua bahan dicuci hingga lalu direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan tersisa kira kira 2 1/4 gelas. Setelah ramuan dingin kemudian disaring lalu diminum 3 x 3/4 gelas.

Buah Alpukat Untuk Darah tinggi
Bahan yang dibutuhkan adalah : 3 lembar daun alpokat
Cara pembuatannya adalah daun dicuci hingga bersih kemudian diseduh dengan menggunakan 1 gelas air panas. Biarkan hingga dingin lalu diminum sekaligus.

Alpukat Untuk Kulit muka kering
Bahan yang diperlukan : Buah alpukat yang sudah masak
Cara membuat : diambil daging buahnya kemudian dilumatkan hingga menyerupaii bubur. Pakailah untuk masker, yait dengan cara memoles bagian muka yang kering. Selanjutnya muka yang sudah dimasker tadi dibasuh dengan menggunakan air setelah lapisan masker alpokat tersebut mengering.

Alpukat Untuk Sakit gigi berlubang
Caranya Ambil biji buah alpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan pada bagian gigi yang berlubang bisa secara langsung atau menggunakan kapas.

Buah Alpukat Untuk Diabetes
Caranya adalah Biji alpukat dipanggang di atas api kemudian dipotong menjadi kecil-kecil, setelah itu biji yang telah di potong-potong tadi digodok dengan menggunakan air bersih sampai airnya menjadi coklat. kemudian disaring, lalu diminum setelah dingin.

Menjaga dan melindungi kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam alpukat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata serta melindungi mata dari beberapa jenis penyakit mata seperti katarak dan macula.

Melindungi tubuh dari serangan kanker prostat
Alpukat dikenal baik memiliki nutrisi untuk mencegah pertumbuhan kanker prostat. Terdapat senyawa dalam buah alpukat yang mempunyai peran untuk menghancurkan sel kanker yang baru timbul tanpa mengakibatkan kerusakan sel yang lain.

Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas yang merugikan tubuh dapat dihindari dengan konsumsi buah alpukat secara teratur. Kandungan vitamin E, C, serta flavonoid dalam buah alpukat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas.

Buah Alpukat Sumber vitamin E
Alpukat adalah sumber vitamin E, vitamin penting yang melindungi terhadap banyak penyakit dan membantu mempertahankan kesehatan secara keseluruhan, juga kelembaban kulit.

Oke, itu dia manfaat dan khasiat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya mengenai Manfaat buah manggis dan Manfaat buah sirsak.