Apr 28, 2013

Cara Memutihkan Gigi dengan 6 Makanan Ini

Cara Memutihkan Gigi
Bagaimana cara memutihkan gigi yang asyik dan enak? Hmmh, jawabannya adalah makan. Nah, pasti semuanya pada berkerut keningnya. Kok bisa makanan dapat memutihkan gigi? Bukankah makanan itu malah akan membuat plak dan gigi kuning apalagi kalau tidak dibersihkan.

Yup, itu memang benar, sehbis makan kita perlu segera membersihkan gigi agar tidak terjadi penumpukan plak yang akan merusak gigi. Namun, ternyata ada makanan dengan zat-zat tertentu yang berfungsi membersihkan gigi dari plak penyebab gigi kuning. Apa saja makanan tersebut?

Seperti dilansir majalah Health, berikut ini 6 jenis makanan yang akan membantu Anda dalam menghilangkan plak, membersihkan gigi, serta membuat gigi anda putih bersih kembali.

1. Buah Stroberi

Buah cantik ini memproduksi enzim malic acid yang membantu memutihkan gigi. Selain dengan langsung memakannya, stroberi bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dengan cara dihaluskan, digosokkan ke gigi, diamkan selama lima menit lalu bilas dan gosok gigi seperti biasa.

Baca juga: Manfaat Buah Stroberi.

2. Buah-buahan dan sayuran

Contoh terbaik adalah apel, seledri, dan wortel. Menggigit dan mengunyah buah dan sayuran seperti ini akan membantu membersihkan plak, "menggosok" gigi agar lebih putih bersinar, dan meningkatkan produksi air liur yang baik bagi kesehatan mulut.

3. Keju

Keju dan bahan olahan susu lainnya seperti yoghurt mengandung lactic acid yang berfungsi melindungi gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi yoghurt empat kali seminggu lebih terlindung dari pembusukan gigi dibanding anak-anak yang tak minum yoghurt. Sedangkan untuk memutihkan gigi, keju adalah pilihan yang baik karena selain melindungi gigi dari kebusukan, keju juga mengandung kalsium dan fosfor yang berguna dalam pembentukan enamel gigi.

4. Jeruk dan nanas

Saat mengonsumsi jeruk, nanas, dan buah-buahan asam lainnya, mulut memproduksi air liur lebih banyak, yang membantu membersihkan gigi secara alami.

Baca juga: Manfaat Buah Jeruk dan Manfaat Buah Nanas.

5. Baking soda

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda berfungsi lebih baik dalam membersihkan plak. Anda bisa saja menggunakan baking soda langsung untuk membersihkan gigi, namun para dokter menyarankan agar hal ini tak dilakukan terlalu sering karena bisa mengikis enamel gigi. Pilihan paling aman adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda.

6. Permen karet yang mengandung xylitol

Xylitol adalah pemanis alami yang dapat mencegah plak. Xylitol juga menetralkan tingkat keasaman di dalam mulut dan meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.

Baca juga: Manfaat Mengunyah Permen Karet.