Apr 2, 2013

Beberapa Media yang Berbohong dalam Rangka April Mop

Hesti Ayuningtyas


April Mop memang dikenal sebagai tanggal untuk mengerjai seseorang. Lalu, apa jadinya jika guyonan itu dilakukan oleh media ? Berikut merupakan beberapa media yang berbohong dalam rangka menyembut April Mop.

1.        Panen spageti di Swiss (1957)

Lelucon ini dibuat oleh TV BBC yang menayangkan di salah satu programnya, Panorama, bahwa petani wanita di Swiss saat itu sedang bergembira karena dapat memanen spageti di perkebunan yang menanam pohon-pohon spageti. Setelah program tersebut ditayangkan, BBC langsung kebanjiran pertanyaan dari pemirsanya, menanyakan apakah benar ada pohon spageti, dimana mendapatkan bibitnya, dan bagaimana cara menanamnya. Tentu hal tersebut hanya lelucon April Mop, karena spageti merupakan jenis mie yang berbahan baku air dan tepung.

2.        Televisi Berwarna Ditemukan (1962)

Pada tahun 1962, channel TV baru ada satu buah di Swiss, dan cahnnel tersebut menampilkan gambar hitam putih. Seorang pakar teknis, Kjell Stensson kemudian muncul di berita dan memaparkan bahwa siaran TV dapat dinikmati saat ini dengan sebuah cara mencengangkan yaitu memasang stocking nilon pada TV. Ribuan orang sontak tertipu pada lelucon tersebut. Dan 8 tahun kemudian, TV berwarna dapat benar-benar dinikmati oleh masyarakat Swedia.

3.        Wisata Liburan Indah di San Serriffe (1977)

Sebuah koran harian di Inggris, The Guardian, menerbitkan review sebuah destinasi wisata tentang keindahan di sebuah negara republik kecl di India bernama San Serriffe, yang terdiri dari pulau-pulau yang berbentuk semikolon. Artikel tersebut bahkan dimuat hingga 7 halaman. Artikel tersebut menjelaskan tentang keindahan geografi yang terdapat pada dua pulau utama di negara tersebut, yaitu Upper Caisse dan Lower Caisse dengan ibukota “Bodoni” dan pemimpinnya disebut “General Pica”. Ratusan orang kemudian menelepon The Guardian dalam sehari untuk menanyakan info lebih lanjut tentang tempat liburan tersebut. Namun, walaupun berhasil melakukan April Mop, The Guardian justru didiskreditkan masyarakat pada masa-masa tersebut.  

4.        Ada Spesies Baru di Amerika

Majalah Discover mengumumkan bahwa Dr Aprile Pazzo, seorang ahli biologi terkenal, akhirnya berhasil menemukan sebuah spesies baru di benua Antartika bernama “The Hotheaded Naked Ice Borer” yang kemudian digambarkan sebagai makhluk menyerupai pinguin dan dapat melaju di atas es dengan kecepatan yang tinggi. Dr Aprile Pazzo kemudian membuat teori bahwa hewan ini kemungkinan bertanggungjawab atas kehilangan misterius yang pernah dicatat dalam Antartika oleh Philippe Poisson tahun 1837. Kabar tersebut ternyata palsu, karena belakangan diketahui abhwa Aprile Pazzo berari April Fool dalam bahasa Italia).

5.        Richard Nixon kembali mencalonkan diri jadi presiden

Stasiun radio di AS yang bernama “US National Public Radio” mengumumkan bahwa Richard Nixon akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Slogan kampanye tersebut adalah “ I didn’t do anything, and I won’t do it again”. Pengumuman tersebut disertai pidato Nixon yang membahas tentang keikutsertaanya dalam kampanye mendatang. Stasiun radio tersebut kemudian langsung komplain dari pendengar radio yang marah. Ternyata, suara yang direkam oleh radio tersebut adalah suara sorang peniru suara, Rich Little.

6.        Alabama Mengubah Nilai Pi (diameter keliling lingkaran ) (1998)

Sebuah newsletter menghebohkan Alabama dengan memberitakan artikel “New Mexicans for Science and Reason” yang membahas bahwa Pemerintah Alabama setuju untuk mengubah konstanta nilai Pi dari yang semula 3,14159 menjadi 3,0 (bilangan bulat). Pemerintah Alabama langsung abnjir panggilan telepon yang ingin memprotes undang-undang tersebut.

7.        Burger untuk Orang Kidal (1998)

Pada bulan April 1998, Burger King membuat pengumuman mengejutkan sehalaman penuh di USA Today tentang hadirnya “Left-Handed Whopper” yang didesain khusus untuk 32 juta orang yang kidal di Amerika. Dalam iklan tersebut, letak burger untuk orang kidal tersebut diputar 180 derajat, namun memiliki isi yang serupa dengan burger biasa. Esoknya, Burger King mengumumkan bahwa kabar tersebut adalah lelucon. Ribuan pesanan datang untuk memesan burger baru tersebut dan juga menerima pesan untuk memesan jenis “right-handed”. Hmm.