Apr 7, 2013

10 Foto Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Hesti Ayuningtyas

Foto merupakan karya yang diciptakan untuk melukiskan suatu keadaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Foto-foto terbaik diabadikan di tempat dan waktu yang baik serta suasana mendukung. Foto-foto terbaik sepanjang masa ini juga memiliki berbagai cerita yang berbeda. Berikut ulasannya.

1. Stricken Child Crowling Towards a Food Camp (1994)


Judul : Stricken Child Crowling Towards a Food Camp
Fotografer : Kevin Carter

Foto yang mendapatkan penghargaan bergengsi Pulitzer ini diambil pada tahun 1994 saat bencana kelaparan berlangsung di Sudan. Foto tersebut menggambarkan seorang bocah yang merangkak untuk sampai ke kamp Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang letaknya beberapa kilometer dari tempat tersebut.
Tidak ada seorang pun yang tahu nasib anak tersebut, termasuk Carter yang mengabaikannya setelah mengabadikan foto tersebut.

Carter kemudian bunuh diri tiga bulan setelahnya karena depresi.


2. Afghan Girl (1984)

Judul : Afghan Girl
Fotografer : Steve McCurry

Gadis bermata indah di foto ini bernama Sharbat Gula yang merupakan siswa dari sekolah pusat penampungan pengungsi di Afghanistan.
Sharbat diprediksi berumur 12 tahun ketika foto tersebut diambil. Foto ini menjadi terkenal karena sangat sulit untuk mengabadikan wajah wanita Afghanistan.

3. Burning Monk - The Self Immolation (1963)

Judul : Burning Monk - The Self Immolation
Fotografer : Malcolm Browne

Adalah biksu vietnam Thic Quang Duc yang rela membakar dirinya hidup-hidup di tengah jalan demi memprotes tindakan represif pemerintah Vietnam Selatan saat itu dan meminta persamaan hak antara Umat Buddha dan katolik.

4. Tourist Guy (2001)

Judul : Tourist Guy

Foto turis yang diedit oleh photoshop ini adalah foto pada saat serangan 11 September 2001. Turis yang ada di foto ini adalah Peter Guzli. Ada pihak-pihak yang menyatakan bahwa kamera yang salah satunya berisi foto ini ditemukan  di reruntuhan Ground Zero.

5. The Power of One (2007)

Fotografer : Oded Ballity

Foto yang berhasil mendapatkan Pulitzer Breaking News Photography 2007 ini seorang wanita yahudi yang melawan sekelompok tentara Israel yang sedang menertibkan penghuni liar di West Bank.

6. Palestian Martyr (2001)
Foto ini sebenarnya merupakan video BBC yang menceritakan tentang seorang ayah yang rela melindungi anaknya ketika milisi Palestina melakukan kontak senjata dengan tentara Israel. Video tersebut berakhir tragis, karena si anak, Mohammed, tewas sedangkan ayahnya, Jamil Al-Durra, selamat dengan luka serius. Bahkan, sopir ambulans yang berniat menyelamatkan mereka akhirnya ikut tewas.


7. Albert Einstein (1951)

Fotografer : Arthur Sasse

Foto Alber Einstein yang sedang melet ini menunjukkan bahwa sang profesor yang terkenal karena teori relativitasnya ini ternyata punya sisi humoris juga.

8. Lunch in Top a Skyscrapper (1932)

Fotografer : Charles C. Ebbet

Foto ini menunjukkan 11 orang pekerja yang sedang menikmati makan siang di errr.... lantai 69 gedung GE.

9. Fire on Marlborough Street (1975)

Foto mengejutkan ini menunjukkan Diana Briant dan anaknya terjun dari tempat tinggal mereka karena adanya kebakaran. Sayangnya, Diana tewas, sedangkan anaknya selamat setelah ditangkap oleh petugas pemadam kebakaran. Foto yang kemudian mendapatkan Pulitzer ini kemudian mengubah prosedur keselamatan di Dinas Pemadam Kebakaran.

10. Oklahoma City Bombing (1995)

Fotografer : Charles Porter

Foto menyedihkan ini diambil pasca meledaknya Gedung Pemerintahan Federal P. Murrah yang menewaskan 168 orang. Penyebabnya adalah Timothy McVeigh, veteran Perang Teluk yang meledakkan bom berkekuatan 4800 lbs.