Mar 12, 2013

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan dan Khasiatnya

Gambar Bawang Daun
Bawang daun atau daun bawang ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat daun bawang, mari terlebih dahulu kita kenalan dengan tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan ini.

Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang prei juga disebut sebagai daun bawang.

Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam seni masak Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sop, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto dan bakso.

Beberapa khasiat daun bawang untuk kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ini merupakan manfaat utama yang dihasilkan dari daun bawang. Bagian bawahnya yang berwarna putih juga mengandung allicin, yang merupakan senyawa belerang yang memberikan aroma tajam pada daun bawang tersebut. Senyawa belerang inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Sebagai antibakteri

Warna hijau yang terlihat dari daun bawang tersebut mengandung anti bakteri dan anti peradangan sedangkan pada bagian putihnya memiliki sifat yang dapat melindungi tubuh Anda dari segala macam infeksi.

3. Kaya akan zat besi

Penderita anemia sebaiknya mengkonsumsi sayuran ini karena daun bawang mengandung banyak sumber zat besi. Daun bawang mengandung protein ferroportin yang membawa zat besi ke dalam dan luar sel. Zat besi juga membantu tubuh meningkatkan tekanan darah.

4. Baik untuk jantung

Daun bawang juga terkenal menyehatkan untuk jantung Anda. Daun bawang juga mengandung polysulfides yang melindungi Anda dari penyakit jantung. Sayuran jenis ini memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak mineral. Mineral yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Mineral lainnya juga akan hadir untuk membuat jantung Anda semakin sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat daun bawang yang bisa kita peroleh jika mengkonsumsinya. Baca juga tanaman berkhasiat lainnya dalam artikel manfaat buah semangka dan khasiat tanaman lidah buaya. Semoga bermanfaat.