Manfaat dan Khasiat Buah Mentimun untuk Kesehatan

Gambar Buah Mentimun
Khasiat buah mentimun ternyata banyak sekali untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencegah dan melawan kanker. Namun seperti biasa, sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat buah mentimun atau ketimun, sebaiknya kita kenalan dulu dengan buah yang sering dijadikan sayur dan lalap ini.

Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.


1. Menjaga tubuh dari dehidrasi

Saat cuaca panas dan terik, Anda cenderung berkeringat lebih banyak dari biasanya. Terutama bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar ruangan. Keringat berlebih dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk mengembalikan asupan cairan di tubuh, Anda dapat mengkonsumsi irisan mentimun atau jus mentimun untuk kembali membuat tubuh terhidrasi.

2. Mengeluarkan racun

90 Persen sayuran hijau mengandung banyak air dan membantu membuang racun dan radikal berbahaya lainnya dari tubuh.

3. Melawan kanker

Mentimun mengandung tiga lignan yaitu ariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Menurut para peneliti, lignan dapat mengurangi risiko kanker terutama kanker prostat, usus besar, payudara, ovarium dan kanker rahim.

4. Merangsang penurunan berat badan

Tak hanya kaya akan kandungan air, mentimun juga rendah kalori dan lemak. Jika Anda sedang on diet, konsumsi mentimun sebagai camilan atau teman makan nasi Anda. Mentimun juga bisa menjadi teman santai selepas olahraga. Sayuran yang juga kaya akan silika ini juga mempromosikan kesehatan sendi dan memperkuat hubungan jaringan tissue dalam tubuh

5. Merawat kesehatan mulut

Mentimun mengurangi bau mulut dan gigi. Tak hanya itu, mentimun bermanfaat mempromosikan gigi dan gusi yang lebih kuat. Mengunyah irisan mentimun secara rutin juga dapat membunuh bakteri di dalam mulut.

Nah, itu dia manfaat dari buah ketimun yang sering kita makan. Baca juga artikel sebelumnya tentang manfaat madu dan khasiat minyak kelapa.
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: