Makanan Untuk Mencegah Penyakit Tiroid

Kelenjar Tiroid
Penyakit kelenjar Tiroid atau yang lazim dikenal sebagai penyakit gondok umumnya menyerang mereka yang mengalami kekurangan Yodium dalam tubuh mereka. Untuk pengobatan secara tradisional, saya sudah pernah membahasnya dalam artikel Obat penyakit gondok. Dimana dalam artikel itu dijelaskan berbagai ramuan tradisional (herbal) yang bisa mengobati penyakit kelenjar titoid.

Namun ada pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Karena itu, disini saya akan membagikan cara mencegah penyakit tiroid dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang bisa mencegah terjadinya penyakit gondok tersebut. Apa saja makanan tersebut? Simak saja ulasannya berikut ini.

1. Stroberi

Anda membutuhkan makanan yang mengandung yodium dalam diet Anda untuk membantu tiroid mengelola metabolisme, detoksifikasi, dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan. Jadi, sertakan makanan kaya yodium seperti stroberi, kentang, yogurt, produk susu, dan kacang.

2. Jamur

Kekurangan selenium merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan tiroid. Jamur adalah sumber makanan yang kaya selenium.

3. Bawang putih

Ini merupakan rempah-rempah yang kaya akan selenium yang tidak hanya sehat untuk tiroid, tetapi juga untuk pasien diabetes dan jantung.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber makanan yang kaya vitamin, protein, mineral dan yang paling penting, asam lemak omega-3. Sertakan bayam untuk menjaga metabolisme tubuh Anda.

5. Daging merah

Daging merah (contohnya sapi) sangat kaya akan zat besi yang sehat untuk tubuh. Namun ingat, penderita tiroid harus memilih daging merah yang rendah lemak.

6. Telur

Produk makanan yang berasal dari unggas dan susu sangat baik untuk mengatasi masalah tiroid. Mereka tidak hanya kaya akan kalsium, tetapi juga merupakan sumber zat besi dan yodium.

7. Gandum

Gandum murni seperti beras merah, oatmeal dan barley memiliki banyak kandungan vitamin B dan nutrisi yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Hal ini pada gilirannya dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan hormon tiroid.

8. Brokoli

Sayuran hijau ini dapat mengurangi senyawa-senyawa yang membahayakan fungsi tiroid.

9. Hati sapi

Vitamin B12 dan selenium yang terkandung dalam hati sapi harus disertakan dalam diet sehat Anda untuk menyeimbangkan kekurangan selenium yang pada akhirnya dapat mengobati penyakit tiroid.

10. Tomat

Vitamin C yang terkandung dalam tomat harus disertakan dalam diet tiroid. Antioksidan dalam tomat juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

11. Minyak kelapa

Asam lemak esensial dalam minyak kelapa dapat dengan cepat diubah menjadi energi dan ini bisa mengatur fungsi tiroid. Baca juga khasiat lain dari minyak kelapa dalam artikel Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat mencegah timbulnya penyakit tiroid. Jadi, selain mengkonsumsi garam ber-yodium, usahakan juga untuk mengkonsumsi makanan diatas.
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: