Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Nutrisi Anak
Gen22.net - Makanan Padat Gizi Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak. Kebutuhan nutrisi pada anak harus dipenuhi secara tepat mengingat mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk anak-anak adalah dengan memberikan makanan yang memiliki nutrisi yang cukup. Bukan sembarang makanan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan seperti dilansir intisari-online.

1. Tomat.

Likopen, senyawa dalam tomat, merupakan antioksidan dalam melawan kanker. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya tomat dimasak terlebih dahulu untuk meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

2. Yoghurt.

Camilan lain yang lezat serta bergizi bagi anak-anak dan balita adalah yoghurt. Yoghurt memiliki khasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan karena terdapat bakteri baik di dalamnya.

3. Kubis.

Untuk urusan sayuran, kubis diperlukan bagi anak-anak sebagai makanan bergizi. Termasuk juga, brokoli dan sawi yang sebaiknya diberikan kepada mereka untuk mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Ikan salmon.

Ikan salmon termasuk ikan laut lainnya mengandung asam lemak omega-3 yang wajib diasup oleh bayi dan anak-anak. Omega-3 membantu perkembangan otak, mencegah depresi, dan mengurangi risiko peradangan.

5. Cokelat.

Pilihlah cokelat hitam karena itu lebih baik. Terdapat senyawa yang disebut flavanoid dalam cokelat yang baik untuk kesehatan jantung, mulut, dan kulit.

6. Kacang Kedelai.

Kedelai merupakan sumber protein, serat, dan kalsium. Pilihlah kedelai hitam untuk mencegah kolesterol dan penyakit jantung.

7. Kemangi.

Sayuran beraroma yang kaya antioksidan, vitamin A, C, K, zat besi, kalium, dan kalsium yang meningkatkan kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan dedaunan ini sangat kuat untuk memerangi rasa sakit.

8. Kayu manis.

Rempah-rempah ini dibutuhkan bayi dan anak-anak untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Kayu manis juga merupakan makanan yang dapat memberikan energi bagi mereka.

9. Telur.

Telur mengandung protein yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan. Telur juga salah satu makanan yang secara alami mengandung vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium.

10. Havermut.

Sebuah penelitian menyebutkan, bayi dan anak-anak yang mengonsumsi havermut mampu berkonsentrasi lebih baik ketika di sekolah. Havermut juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

11. Buah-buahan.

Buah-buahan baik untuk balita dan anak-anak. Karena buah mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya. Biarkan balita dan anak-anak mengonsumsi buah setiap hari untuk mendapatkan nutrisi di dalamnya.

12. Kacang-kacangan.

Kacang mengandung lemak baik yang menyehatkan jantung. Jangan ragu untuk memberikan camilan berupa kacang kepada balita dan anak-anak agar mereka dapat tumbuh sehat dan kuat.

13. Susu.

Protein dan kalsium dalam susu merupakan sumber energi bagi otak dan tubuh. Protein membantu tubuh untuk membentuk jaringan otak, sementara kalsium mempertahankan tulang dan gigi yang kuat.

14. Blueberry.

Keluarga berry ini dianjurkan untuk dikonsumsi karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya.

15. Tahu.

Tahu merupakan salah satu sumber protein yang tak kalah bergizi dari telur. Tahu juga baik untuk dikonsumsi oleh para gadis untuk pengembangan jaringan payudara.

Cukupi kebutuhan nutrisi untuk Anak anda agar pertumbuhannya optimal dan sehat.
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: