Mar 26, 2013

Macam-Macam Nutrisi Untuk Rambut Sehat

Gen22.net - Macam-macam nutrisi (vitamin dan mineral) yang diperlukan untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Rambut adalah mahkota terutama bagi wanita. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rambut sangat penting untuk mendukung penampilan anda. Tak heran jika banyak orang rela menghabiskan waktu di salon untuk melakukan perawatan rambut, bahkan dengan biaya yang tidak sedikit.

Merawat kesehatan rambut tidak harus mahal. Karena Anda masih bisa memiliki rambut sehat dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut sebagai berikut:

1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 berfungsi penting untuk membran sel. Rambut dan kulit rapuh bisa menandakan kekurangan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini juga ditemukan dalam minyak alami pada rambut serta kulit kepala. Makanan yang mengandung omega-3 seperti salmon, biji rami, dan kacang kenari.

2. Betakaroten

Betakaroten adalah prekurson vitamin A, yang membantu memastikan produksi sebum zat berminyak, menjaga kulit kepala dan rambut tetap lembab dan lemas. Selain itu, vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan sel, termasuk sel-sel rambut. Tidak dianjurkan untuk mengasup vitamin A dari suplemen karena dosis tinggi justru menjadikan racun. Sebaliknya, fokuskan pada makanan yang kaya betakaroten seperti wortel, ubi jalar, labu, atau oyong.

3. Biotin

Biotin membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang kita makan. Biotin merupakan nutrisi yang sering disarankan untuk rambut sehat yang sering Anda lihat dalam iklan shampo atau produk rambut lainnya. Beberapa biotin diproduksi oleh bakteri dalam usus, dan dapat ditemukan dalam makanan, seperti almond, telur, kacang, dan raspberry.

4. Seng

Seng merupakan nutrisi penting untuk rambut sehat dan membantu mencegah rontok. Untungnya, seng mudah didapatkan melalui makanan yang kaya protein seperti ayam dan telur. Salah satu sumber yang sangat kaya seng adalah tiram.

5. Zat Besi

Zat besi merupakan bagian dari molekul hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, salah satu gejalanya adalah rambut rontok.

6. Vitamin C

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari makanan. Juga diperlukan dalam pembentukan kolagen, komponen penting dari jaringan ikat. Jaringan ikat yang sehat merupakan faktor penting untuk kesehatan rambut termasuk jaringan di kulit kepala, serta pembuluh darah yang menyuplai folikel rambut. Inilah alasan mengapa Anda harus memasukkan makanan seperti jeruk, berry, atau semangkuk sup tomat panas, dalam menu harian Anda.

Nah itu dia berbagai nutrisi yang diperlukan agar rambut anda tetap sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi tersebut agar rambut anda tetap sehat dan indah.