Mar 16, 2013

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Teh Hijau
Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Teh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam.

Ada berbagai kandungan nutrisi dalam teh hijau, termasuk antioksidan, theophyline, theobromine, vitamin, saponin dan epigallocatechine. Semua bahan tadi bisa membantu melawan infeksi dan menjaga suhu tubuh tetap optimal. Kaitannya dengan penurunan berat badan, teh hijau memainkan peran penting dalam metabolisme lemak dalam tubuh Anda.

Dan berikut ini beberapa khasiat dari Teh Hijau seperti dilansir Magforwoman.

A. Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh


Salah satu khasiat teh hijau bagi tubuh, yaitu kandungan antioksidan pada teh mampu menangkal radikal bebas pemicu kerutan. Oleh karena itu hindari buruknya radikal bebas dengan merawat kulit tubuh dengan teh hijau.

Caranya dengan seduh teh hijau dengan air panas, tunggu hingga dingin setelah itu saring ampas teh hijau dengan kain lembut. Lalu kompres bagian tubuh sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan. Ini pun mampu menangkal dan melindungi kulit tubuh dari bahya radiasi sinar ultraviolet B atau lebih dikenal dengan UVB yang buruk bagi kulit tubuh.

Teh hijau menciptakan panas dalam tubuh, reaksi ini disebut thermogenesis, yang pada gilirannya membakar lemak dan bahan bakar lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu, teh ini adalah bentuk yang paling alami dan paling aman untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh Anda.

Selain itu teh hijau pun mampu menghilangkan bau pada bagian kaki dan ketiak. Caranya gunakan ampas teh hijau yang sebelumnya telah diseduh dengan air panas, tunggu hingga sedikit dingin, lalu ampas tersebut usapkan pada daerah ketiak tunggu selama 5 menit setelah itu bilas. Dan untuk menetralkan aroma tidak sedap pada kaki, gunakan air seduhan teh hijau lalu rendam kaki selama 20 menit.

B. Khasiat Teh Hijau untuk Wajah


Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh ternyata mampu membuat kulit wajah menjadi lebih terlihat segar dan cerah. Dan berikut cara mengolah teh untuk merawat wajah dan mata.

Untuk melembapkan kulit dan menghindari kulit kering. Buat masker teh dengan campuran oatmeal dan lemon, caranya dengan campurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetesan jeruk lemon kedalam 3 sendok oatmeal. Setelah itu balurkan keseluruh bagian wajah sambil dipijat ringan dengan gerakan tangan memutar agar aliran darah pada wajah lancar. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Selain merawat kecantikan kulit wajah, teh hijau pun mampu mengurangi kantung hitam pada bawah mata. Kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit disekitar mata. Gunakan kantung teh setelah diseduh dengan air panas, kompres dibagian bawah mata diamkan selama 20 menit.

C. The Hijau untuk Kecantikan Rambut


Manfaat teh hijau lainnya adalah mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut karena rambut adalah mahkota setiap wanita yang harus selalu dijaga keindahannya. Kandungan pathenol pada teh hijau pun mampu mengurangi rambut pecah dan bercabang.

Dan cara agar rambut dapat lebih kuat, sehat dan bersinar, dapat diperoleh dengan menggunakan teh hijau yang telah diendapkan semalaman tanpa gula, lalu gosokan air teh hijau tersebut pada seluruh bagian rambut, diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan sampo.

Nah, itu dia khasiat teh hijau yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya dalam Khasiat buah rambutan dan khasiat buah anggur.