Mar 14, 2013

Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan khasiat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan. Setelah kemarin kita membahas mengenai manfaat buah mentimun dan khasiat daun bawang untuk kesehatan, kali ini giliran buah anggur yang akan kita bahas tuntas.

Menurut The George Mateljan Foundation, anggur memiliki nilai gizi yang sangat luar biasa. Tiap 100 gram anggur paling tidak mengandung 25 komponen gizi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral dalam anggur yang bermanfaat bagi tubuh antara lain mangan. Zat itu sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak serta pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Buah Anggur juga mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut diketahui mampu menghambat berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam anggur itu diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan.

Kandungan vitamin C, B6, K, dan B1 dalam anggur juga tinggi, dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin C anggur dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Adapun kandungan vitamin B6 sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal.

Kulit anggur pun memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membuat kita awet muda dan mencegah kanker.

Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat buah anggur untuk kesehatan, silahkan baca penjelasan berikut ini:

1. Menghilangkan kerutan wajah
Minyak biji anggur dapat menjadi solusi, caranya, dengan mengoleskannya di area wajah yang mulai berkerut sebelum tidur. Minyak biji anggur kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membuat wajah Anda tampak awet muda.

2. Memutihkan gigi
Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi.

3. Mempercantik kuku
Anggur juga memiliki manfaat untuk mempercantik kuku Anda. ‘Scrub’ anggur yang kaya akan antioksidan dapat melembutkan kutikula dan menghilangkan bintil kuku yang mengganggu.

Campurkan 10 anggur merah dengan dua sendok makan gula pasir ke dalam ‘food processor’. Gunakan campuran itu untuk memijat kuku-kuku Anda. Setelah selesai, bersihkan campuran tersebut dengan menggunakan handuk basah.

4. Mencegah katarak
Anggur mengandung flavonoid yang kaya antioksidan, yang dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.

5. Mengatasi Susah Tidur
Anggur adalah satu-satunya buah yang mengandung melatonin, hormon yang mengatasi masalah kesulitan tidur. Jadi makan anggur setelah makan malam agar Anda mampu tidur lebih nyenyak.

6. Mengatasi Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan.

7. Mengurangi Resiko Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengkonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Melancarkan Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Obat Migran (Sakit Kepala Sebelah)
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migran.

10. Mengatasi Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal yang dapat mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

11. Obat Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma untuk dapat mengurangi masalah sesak nafas tersebut.

12. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

13. Mecegah penyakit Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Sebab, di dalam anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

14. Mencegah Kanker payudara
Penelitian juga menunjukan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara

15. Mengobati Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Sehingga, anggur sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Akhirnya selesai sudah artikel Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat.