6 Makanan Untuk Mencegah Kanker Serviks

Bersama Sukses
Mencegah Kanker Serviks
Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim merupakan salah satu jenis kanker yang diakibatkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik. Kanker yang menyerang leher rahim ini tidak menunjukkan gejala khusus pada stadium awal. Baru pada pada stadium lanjut kanker serviks mulai menunjukkan gejala seperti perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah).

Kanker leher rahim (kanker serviks) termasuk dalam tiga jenis kanker utama yang paling sering dialami oleh wanita. Kanker ini setidaknya membunuh sekitar 200.000 wanita setiap tahun. Menurut laporan National Cancer Institute, salah satu dari tiga kematian akibat kanker serviks dikaitkan dengan pola makan yang salah.

Dan berikut ini adalah makanan yang dapat mencegah kanker serviks:

1. Makanan yang Mengandung Vitamin A, C, E, dan kalsium.

Vitamin A, C, dan E, mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan secara tidak langsung juga mencegah kanker serviks. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menemukan, pasien yang mengonsumsi multivitamin memiliki risiko kanker serviks yang lebih rendah. Selain vitamin tersebut, kalsium dan asam folat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral tersebut, misalnya jeruk, wortel, telur, hati, tuna, dan produk susu lainnya.

2. Makanan yang Mengandung Vitamin B dan folat.

Makanan kaya vitamin B dan asam folat juga harus sering dikonsumsi untuk mencegah kanker serviks. Folat dapat menurunkan kadar homosistein, zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Makanan kaya vitamin V dan folat termasuk di antaranya brokoli, kembang kol, kubis, dll.

3. Buah Alpukat.

Avokad dikenal sebagai antioksidan dan karena kemampuannya untuk mencegah radikal bebas. Makan avokad dapat mencegah pertumbuhan kanker serviks.

4. Wortel.

Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Makanan seperti cabai atau jalapeno juga diduga mampu menetralisir nitrosamin yang menyebabkan kanker serviks.

5. Makanan yang Mengandung  dan flavonoid.

Makanan yang mengandung polifenol dan flavonoid seperti teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, tomat, dan paprika hijau diduga dapat mencegah kanker leher rahim dan menghambat pertumbuhan kanker.

6. Makanan kaya antioksidan.

Antioksidan diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Makanan kaya antioksidan termasuk blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan. Makanan ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di leher rahim.

Kanker Serviks merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya terutama bagi wanita. Jadi, jagalah selalu kesehatan anda dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner