Mar 11, 2013

5 Jenis Makanan Penyebab Susah Tidur

Susah Tidur
5 Jenis Makanan Penyebab Susah Tidur. Setelah dulu sekali saya pernah membahas mengenai cara mengatasi susah tidur, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis makanan yang menyebabkan anda susah tidur. Bagi Anda yang sering mengalami susah tidur, silahkan baca artikel ini sampai habis. Karena mungkin saja anda sering menkonsumsi jenis-jenis makanan berikut ini sehingga menyebabkan anda susah tidur.

1. Cokelat

Walaupun hanya sekeping cokelat, kafein yang terdapat di dalamnya bisa membuat Anda sulit tidur. Terlebih lagi jika usia Anda yang sudah di atas 30 tahun. Seiring bertambahnya usia, orang akan semakin sensitif terhadap kafein seminim apapun kadarnya. Selain itu, cokelat juga mengandung tyrosine, asam amino yang membentuk cathecolamine, yang berfungsi membuat seseorang tetap terjaga.

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti daging asap, burger atau sosis mengandung tyramine yang cukup tinggi. Zat ini akan memicu otak untuk melepas norepinephrine yang membuat Anda selalu terjaga semalaman suntuk. Pilihlah daging ikan, ayam atau daging sapi segar untuk makan malam, bukan yang sudah mengalami proses pengawetan.

3. Minuman Energy Drink

Energy drink tinggi akan kafein serta meningkatkan adrenalin dan kewaspadaan. Studi terbaru menunjukkan, ketika Anda meminumnya di siang hari dan dikombinasikan dengan minuman lain yang berkafein tinggi seperti kopi atau teh, Anda akan sulit memejamkan mata hingga malamnya.

4. Makanan Asam & Pedas

Selain sistem pencernaan yang akan terganggu di malam hari, makanan asam dan pedas juga bisa menyebabkan efek heartburn yang bisa mengganggu kenyamanan tidur. Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan. Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu.

5. Minuman Beralkohol

Segelas-dua gelas wine setelah makan malam, mungkin akan membuat Anda lebih relaks. Tapi beberapa jam kemudian, Anda akan sulit dapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini karena minuman beralkohol meningkatkan produksi urin sehingga membuat sering bolak balik kamar mandi di malam hari. Akibatnya, tubuh pun bisa mengalami dehidrasi.

Nah, itulah saudara-saudara sekalian, beberapa jenis makanan dan minuman yang menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Jika anda mengalaminya, cobalah untuk menghindari makanan tersebut.