Feb 23, 2013

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lidah Buaya
Manfaat dan khasiat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya (Aloe Vera) pada awalnya merupakan tumbuhan liar yang sekarang sering dijadikan tanaman hias baik di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Namun di balik itu, lidah buaya juga sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit atau untuk perawatan kecantikan.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan moderen, sekarang lidah buaya sudah menjadi tanaman herbal yang dibudidayakan mengingat banyaknya manfaat dari tanaman ini. Bahkan banyak sekali produk-produk kesehatan dan kecantikan moderen yang memanfaatkan ekstrak lidah buaya dalam produknya.

Manfaat lidah buaya untuk perawatan kecantikan

1. Mengatasi rambut rontok

Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk mengobati rambut rontok. Campur ekstrak lidah buaya dengan shampo dan oleskan pada rambut Anda.

2. Kondisioner rambut alami

Aloe vera adalah kondisioner rambut alami yang memiliki efek pendinginan. Anda dapat memijat rambut dan kulit kepala dengan jus lidah buaya untuk mendapatkan hasil terbaik. Diamkan dan bilas dengan shampo.

3. Mencegah kebotakan

Penipisan rambut membuat Anda jadi botak? Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mengoleskan gel atau jus lidah buaya pada kulit kepala Anda secara teratur. Biarkan 10 menit dan bilas dengan shampo.

4. Pelembap alami

Ingin melembapkan rambut dan membuatnya jadi lebih mudah ditata?Gunakan gel atau jus lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut Anda. Oleskan gel atau jus lidah buaya pada rambut dan kulit kepala. Tunggu 15 menit dan bilas dengan shampo.

5. Menghilangkan ketombe

Jika Anda menderita ketombe, kulit kepala kering dan gatal, segera gunakan gel atau jus lidah buaya untuk mengobati ketombe secara alami. Oleskan ekstrak lidah buaya pada kulit kepala dan biarkan selama 40-60 menit untuk menyingkirkan ketombe.

6. Mengobati jerawat

Jerawat di kulit kepala dapat benar-benar menyakitkan. Maka, oleskan ekstrak lidah buaya pada jerawat dan biarkan kering. Perawatan ini sebaiknya dilakukan sebelum keramas.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan (obat herbal)

1. Kencing manis

1 batang lidah buaya dicuci bersih, dibuat durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.

2. Luka terpukul, luka dalam (muntah darah)

10 - 15 gram bunga kering lidah buaya direbus, minum atau bunga ditim dengan arak putih, untuk pemakaian luar.

3. Kencing darah

15 gram daun lidah buaya diperas, ditambah 30 gram gula, ditambah air beras secukupnya, minum.

4. Wasir

1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring. Minum sehari 3 kali.

5. Sembelit

1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

Nah, itu dia manfaat dan khasiat dari tanaman lidah buaya (aloe vera). Semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang dunia kesehatan.