Contoh Menu Sarapan Sehat Di Pagi Hari

Bersama Sukses
Menu Sarapan Sehat
Contoh Menu Sarapan Sehat Di Pagi Hari - Sarapan pagi ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Terutama buat mereka yang hendak menjalankan aktifitas. Hasil riset menunjukkan mereka yang mengkonsumsi sarapan pagi lebih produktif di tempat kerja dan memiliki berat tubuh lebih proporsional dibanding yang tidak sarapan.

Tapi tentu saja tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi saat sarapan. Anda harus bisa memilih mana makanan yang sehat dan mana yang tidak.

Nah, berikut ini merupakan beberapa contoh menu sarapan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap pagi.

1. Granola Bars

Granola bars kaya akan serat sehat dan protein yang diperlukan oleh tubuh. Kebanyakan granola bars terbuat dari kacang-kacangan, gandum, dan buah-buahan. Dengan menyantap dua granola bar di pagi hari dapat memberikan energi vital untuk tubuh. Menu ini juga kaya akan antioksidan yang membantu detoksifikasi.

2. Muffin Gandum

Bukankah lebih baik untuk memulai hari Anda dengan muffin yang lezat? Mengonsumsi muffin gandum saat sarapan sangat baik untuk tubuh karena diperkaya dengan serat. Asupan serat di pagi hari membantu membersihkan sistem dan pencernaan menjadi normal.

3. Telur

Telur bisa menjadi menu sarapan sehat yang kaya protein. Anda bisa membuat telur dadar dengan menambahkan beberapa sayuran seperti wortel, bawang, atau brokoli di dalamnya. Menu tersebut juga dapat memberikan mineral dan vitamin untuk tubuh.

4. Smoothies Buah

Tidak punya banyak waktu buat menyiapkan sarapan? Bikin saja smoothies. Jenis minuman ini dapat menjadi alternatif sarapan rendah lemak. Blender buah favorit Anda dengan yogurt dan tambahkan madu. Yogurt dapat memberikan protein dan kalsium. Buah pun diperkaya dengan vitamin dan mineral. Smoothies yogurt juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Sereal

Pilihan yang paling populer dan sehat untuk sarapan adalah sereal. Pilihlah berbagai sereal favorit Anda sesuai selera. Menyantap cornflake dengan madu juga merupakan pilihan yang baik.

6. Roti Gandum

Menyantap roti gandum dengan selai kacang, dapat menjadi menu sarapan sehat Anda. Ambil segelas susu bebas lemak, Anda bisa menyantapnya dengan roti. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk seharian penuh.

7. Semangkuk Oat

Oat kaya akan kalsium, zat besi, vitamin A dan riboflavin. Ini merupakan menu sarapan yang paling baik. Semangkuk oat akan memberikan energi yang lengkap untuk tubuh.


1. Sarapan dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan.

Menunda sarapan membuat Anda sulit memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan. Menu sarapan seperti sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak plus granula akan memberi cukup kalsium dan serat.

2. Sarapan bisa menurunkan berat badan.

Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat. Menurut ahli nutrisi penulis buku The F-Factor Diet Tanya Zuckerbrot, R.D., sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien. Namun Zuckerbrot menekankan bahwa kunci dari semuanya adalah jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis. Ini juga menyebabkan Anda merasa lapar pada jam 11-an.

3. Sarapan tingkatkan kemampuan otak.

Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ketika Anda bangun pagi, sebagian besar energi - dalam bentuk glukosa dan glikogen - telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang.

4. Perlindungan terhadap sakit jantung.

Riset menunjukkan, wanita sehat yang melewatkan sarapan selama dua pekan memiliki kadar kolesterol buruk LDL lebih tinggi ketimbang mereka yang menyantap semangkuk sereal plus susu di pagi hari.

Nah, itu dia beberapa contoh menu sarapan sehat serta penjelasan mengapa sarapan pagi baik untuk kesehatan. Apakah anda sudah sarapan?
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner