4 Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

posisi tidur
Posisi tidur kita ternyata berpengaruh terhadap kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan tertentu. Lalu seperti apa posisi tidur yang baik bagi kesehatan? Setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi fisiknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini:

1. Tidur Terlentang

Tidur dengan posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara tetap baik. Sayangnya posisi terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.

2. Tidur Menyamping

Tidur dengan posisis menyamping sebenarnya baik untuk kesehatan secara menyeluruh karena mengurangi dengkur dan merenggangkan tulang belang belakang. Tapi kekurangan posisi ini adalah, "bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur," ujar Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi di Saint Louis University. Jika Anda sedang hamil, tidur menyamping ke sebelah kiri bisa menjadi pilihan karena dapat melancarkan aliran darah.

3. Tidur Meringkuk

Menurut Glaser, posisi tidur menyamping dengan lutut sejajar dengan pinggang dan dagu menempel pada dada, bisa membuat sendi-sendi terasa nyeri, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit rematik. Posisi seperti ini juga membatasi pernapasan diafragma, menimbulkan kerutan dan payudara mengendur. Jika Anda suka tidur dengan posisi ini, sebaiknya jangan meringkuk terlalu ekstrem.

4. Tidur Tengkurap

Posisi ini disebut juga dengan sebutan posisi 'perut'. Menurut Glaser, posisi ini memberikan tekanan pada sendi dan otot yang dapat mengekibatkan nyeri hingga kesemutan. Tetapi posisi tengkurap baik untuk mereka yang mendengkur karena saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.

Posisi tidur yang tidak direkomendasikan


  • Tidur sambil duduk: Hati-hati nanti jatuh. Sebelum tidur, sebaiknya pilih tempat duduk yang empuk. Biar nanti kalau jatuh tidak terlalu sakit.
  • Tidur sambil berdiri: Sakti. Nama Anda pantas tercatat dalam MURI atau acara rekornya Dedy Corbuzier. Tapi posisi tidur seperti ini tidak baik untuk kesehatan.
  • Tidur sambil nungging: Berbahaya! Terutama jika kentut Anda bau. Selain itu posisi ini juga rawan mengundang orang lain yang melihat Anda untuk bertindak jahat. Menyodomi, tusbol, atau bahkan tergugah untuk menendang pantat Anda.
  • Tidur sambil berjalan: Sangat tidak direkomendasikan karena kita tidak tahu kemana akan berjalan. Anda bisa berakhir dengan nyemplung di got atau sumur tua.
  • Tidur menggantung di pohon: Saya sarankan untuk tidak melakukannya, jika Anda manusia. Tapi jika Anda terbiasa melakukannya, coba tanya sama orang tua apakah nenek moyang mereka ada keturunan kampret?


Nah, itu dia beberapa posisi tidur yang baik dan yang tidak direkomendasikan. Mana posisi favorit Anda? Apa..?!!! Tidur sama pasangan? hmmm
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: