Dec 15, 2012

Suzuki Ertiga Secara Perlahan Mengurangi Dominasi Duo Avanza-Xenia Pada Kelas Low-end MPV

Suzuki Ertiga
Kembalinya Suzuki “bermain” pada kelas Low-end MPV tentu saja didasari oleh analisa pasar yang secara kontinyu dilakukan serta produsen otomotif asal negeri matahari terbit ini ingin terus menjaga eksistensinya di Indonesia yang juga merupakan negara yang sangat potensial untuk memajukan perkembangan otomotif global.

Diluncurkannya mobil Suzuki Ertiga pada tanggal 22 April 2012 yang lalu, tentu mereka ingin terus bersaing, apalagi pada segmen ini telah ada duo Avanza-Xenia yang memang telah lama berada pada bursa otomotif nasional, bahkan bisa kita katakan telah tertanam dalam benak publik hingga keduanya dijuluki mobil sejuta umat. Siapa sangka, dengan kemunculan Ertiga, dominasi keduanya secara perlahan berkurang, hingga pada bulan keenam setelah peluncurannya, kendaraan keluarga tujuh penumpang ini mampu meraih penghargaan bergengsi dari tabloid AutoBild sebagai “The Car of the Year 2012”.

Angka penjualan Suzuki secara keseluruhanpun naik, bahkan kini produsen otomotif yang baru saja secara resmi menutup layanan 3S (Sales, Service, Sparepart) di Amerika Serikat menempati runner-up dalam meraih angka penjualan terbanyak nasional yang posisi pertamanya ditempati oleh Toyota. Perang strategipun berlangsung disini, bahkan beberapa media online secara terang-terangan membahas mengenai komparansi antara ketiganya juga tak luput Nissan Grand Livina yang juga merupakan kendaraan keluarga bagi segmen menengah.

Hampir 80 persen hasil komparansi lebih mengunggulkan Ertiga dibandingkan beberapa kompetitornya, terutama pada perbandingan harga Suzuki Ertiga itu sendiri yang menurut mereka lebih murah dari Duo Avanza-Xenia dan juga Nissan Grand Livina. Kecenderungan konsumen untuk mencoba sesuatu yang baru apalagi dengan harga yang lebih murah juga menjadi faktor penentu. Kelebihan dari segi fitur dan juga desain juga menjadi kunci penting yang membuat konsumen rela menunggu lama kedatangan kendaraan keluarga yang satu ini yang telah mereka pesan dari dealer menuju garasinya.

Melalui PT. Suzuki Indomobil Sales yang juga adalah Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) di Indonesia, Suzuki kembali menawarkan Ertiga yang menggunakan AC double blower dan seperti yang ditegaskan oleh Bapak Endro Nugroho sebagai Marketing Director 4W PT bahwa dengan versi double blower mereka ingin memberikan sebuah alternatif kepada konsumen, karena disini nanti akan ada perbedaan harga dengan yang versi AC single blower.


Penulis: Ronald
Website: http://www.jualmobilbarusuzuki.com/