Dec 29, 2012

Suzuki Ertiga Masih Memimpin Total Penjualan Low-end MPV di Indonesia

suzuki ertiga double blower

Bursa mobil tanah air, akhirnya sampai di penghujung Tahun 2012. Semua aktivitas penjualan dan pemasaran tinggal menghitung hari menuju evaluasi terhadap target yang ditentukan. Suzuki Indonesia melalui PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang merupakan pemegang tunggal Hak Jualnya siap merilis data resmi penjualan seluruh unit kendaraan roda empat, baik yang masih berupa pemesanan, maupun yang telah resmi hand over ke tangan konsumen. Perbandingan data penjualan setiap lini produk, tentu mendapat perhatian khusus untuk rekapitulasi dan disajikan pada tahapan evaluasi tersebut. Masing-masingnya memberi kontribusi angka yang sangat penting sehingga pihak produsen memahami kekurangan dan kelebihan strategi dan upaya yang telah dilakukan sepanjang tahun.

Dapat dimaklumi bahwa ada beberapa lini produk yang menjadi penyumbang terbanyak angka penjualan. Memasuki bulan kesembilan setelah peluncuran pada April yang lalu, Suzuki Ertiga masih memimpin total penjualan, terdiri dari pesanan yang tercatat secara resmi dan unit yang telah hand over ke pemiliknya. Kehadiran jenis kendaraan serbaguna ini, membukukan rekor penjualan yang sangat fantastis. Berdasarkan rilis resmi di Bulan September 2012 saja, sudah ada pemesanan sebanyak 29.000 unit, yang masuk ke PT Suzuki Indomobil Sales. Apresiasi pasar yang bagus memberikan predikat Marketeer Newware Marketing Award 2012 dari MarkPlus. Sebelumnya pada Mei 2012, brand ini mencapai rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah di Indonesia, dengan lebih dari 12.000 unit yang terjual dalam sebulan. Dari data yang telah diketahui, distributor memperkirakan adanya potensi yang begitu besar, untuk mencapai target 5.000 unit per bulan yang dicanangkan. Seandainya tidak ada gejolak perekonomian yang luar biasa makan dapat disimpulkan bahwa peraih The Best Compact ini masih memimpin total penjualan Low End MPV di Indonesia.

Respon yang baik dari masyarakat atas penyumbang terbaik bagi penjualannya, mendorong pihak produsen untuk lebih peka lagi. Kedekatan masyarakat dengan merek yang satu ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Melalui berbagai kegiatan community relation dan community development, serta sponsorship beberapa event, dapat diukur integritas dan dedikasinya. Apalagi jika menyangkut kualitas produk demi memenuhi kebutuhan konsumennya. Untuk Tahun 2013 yang sebentar lagi dijalani, Suzuki Indomobil Sales akan meluncurkan Ertiga versi matic. Wacana yang telah diperbincangkan di setiap ajang otomotif, baik yang diselenggarakan sendiri maupun oleh pihak ketiga, sangat menguntungkan semua pihak.

Target penjualan di atas 5.000 unit per bulan pun sangat mungkin dicapai jika versi matic tersebut bisa terwujud sebelum pertengahan tahun depan. Di tengah pencapaian target internal, eksistensi kendaraan berpenumpang tujuh orang ini sangat disegani para kompetitornya. Hegemoni pasar yang selama ini berjalan stagnan, berubah menjadi sangat dinamis, menyambut kehadiran sang penantang baru. Keunggulan kompetitor yang merupakan pemain lama, tidak melunturkan integritas produsen untuk memberikan kualitas terbaik dari lini produk unggulannya.

Dalam menghadapi periode penjualan yang akan datang, PT SIS berkonsentrasi penuh memanfaatkan potensi pendatang baru yang tersemat pada produk, yang awalnya diberi nama R-III. Wajar jika banyak kalangan memprediksi persaingan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza akan terus berlangsung. Medan tempur, pangsa pasar Low-End Multi Purpose Vehicle yang diarungi, akan turut pula diramaikan oleh lini produk unggulan lain, di luar kedua merek. Fokus memperbaiki sejumlah kekurangan, yang diterjemahkan sebagai kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi, adalah hal urgent yang melibatkan seluruh entitas korporasi. 

Penulis : Ronald
Website : http://www.jualmobilbarusuzuki.com/perbandingan-ertiga-grand-livina-all-new-avanza-xenia/