Menu Buka Puasa dan Makan Sahur yang Praktis

Menu Buka Puasa dan Makan Sahur yang Praktis - Bagi yang bingun dengan hidangan sahur dan buka puasa berikut ini saya sajikan beberapa resep untuk berbuka puasa dan bersantap sahur. Tidak hanya praktis namun juga bergizi.

Tapi sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, ada baiknya kita menyimak beberapa tips saat melaksanakan ibadah puasa ramadhan agar puasa kita lancar. Tips selengkapnya bisa dibaca dalam artikel Tips Agar Kuat Berpuasa sebulan penuh yang setelah ini akan saya bagikan.

Menu Buka Puasa dan Sahur
- Perlambat sahur (mengakhirkan sahur) dan segerakan berbuka
Berpuasa selama 14 jam merupakan waktu yang pas bagi pencernaan untuk mengolah makanan. Walau secara fisik Anda mampu berpuasa lebih lama, namun efeknya tidak baik bagi pencernaan.

- Stop konsumsi mie instan
Mi memang praktis untuk disantap dan mengenyangkan, tapi dapat membuat perut kembung dan begah. Hasilnya, beberapa jam kemudian Anda akan merasakan mual dan muntah.

- Saat berbuka pilih menu manis
Rupanya istilah ini tak hanya sekadar slogan dalam iklan. Dahulukan berbuka dengan makanan ringan, terutama yang memiliki rasa manis untuk menetralisir pencernaan.
Setelahnya, Anda dapat menjalankan shalat Maghrib, baru kemudian melahap sajian utama. Dengan begini, perut tidak akan 'kaget' karena menyantap makanan dalam porsi banyak sekaligus.

- Hindari makan berlemak
Saat sahur, hindari mengonsumsi cokelat, keju, dan makanan berlemak karena dapat mempercepat pengosongan lambung. Hasilnya, Anda akan merasa lapar hanya beberapa jam setelahnya.

Contoh Resep Menu Buka Puasa


Agar-agar Santan
Bahan:
1 bungkus bubuk agar-agar
½ liter air
¼ liter santan
200 gr gula jawa
50 gr gula pasir
1 sdt garam
Cara membuat:
Bubuk agar-agar dicampur air, masak sambil kadang-kadang diaduk sampai hancur, lalu masukkan dua macam gula. Masak sampai gula hancur. Santan dimasak sampai mendidih, campurkan ke agar-agar, lalu saring. Tuangkan ke mangkuk kecil-kecil, lalu dinginkan.

Puteri Mandi
Bahan:
3 ubi rebus yang sedang besarnya
Tepung kanji secukupnya
Kesumba kue warna merah dan hijau
Sedikit garam
Isi:
Unti terbuat dari ½ butir kelapa yang agak muda
Gula pasir semanisnya
1 sdm tepung ketan
Kuah: Santan kental dari ½ butir kelapa
Cara membuat:
Ubi panas-panas dikupas, haluskan, lalu bubuhkan tepung kanji sampai adonan cukup untuk dipulung, bubuhi sedikit garam, ratakan, lalu bagi dua. Yang sebagian diberi warna merah yang lainnya warna hijau. Ratakan, lalu pulungi bulat-bulat sebesar duku. Isi dengan sebutir unti, lalu bulatkan pula. Jika semua pekerjaan selesai, didihkan air di panci, bubuhi sedikit garam. Masukkan bulatan-bulatan tersebut. Jika sudah terapung, angkat dengan serok, tiriskan.
Unti: Kelapa diparut, taruh di wajan, bubuhi gula, aduk-aduk sampai legit, lalu bubuhi 1-2 sdm tepung ketan, aduk-aduk lagi sampai tepungnya matang, lalu angkat. Pulung bulat-bulat sebesar kemiri.
Penyajian:
Taruh beberapa butir bulatan ubi di mangkuk, siram dengan santan kental yang sudah direbus, dibubuhi dua lembar daun pandan dan garam.

Kolak Campur
Bahan:
4 pisang tanduk
2 ubi merah
100 gr kolang-kaling
5 butir nangka
200 gr gula jawa
Gula pasir semanisnya
Sedikit garam
Santan kental dan encer dari 1 kelapa
3 lembar daun pandan wangi
Cara membuat:
Gula jawa direbus dengan sedikit santan cair sampai hancur, saring, lalu jerangkan. Masukkan pisang tanduk yang sudah dipotong-potong, didihkan beberapa saat sampai pisangnya matang, angkat. Ubi dikupas, potong-potong, lalu rebus dengan sisa santan cair, masukkan kolang-kalingnya. Jika ubi sudah matang, campurkan pisang yang sudah dimasak dengan gula, bubuhi garam, daun pandan, dan gula pasir sampai cukup manisnya. Masukkan nangka yang sudah dipotong-potong, didihkan pula, angkat.
Kolak disajikan dengan santan kental yang sudah dimasak dengan beberapa lembar daun pandan dan sedikit garam.

Contoh Resep Menu Makan Sahur


Omelet Sayuran
Bahan:
350 gr udang cincang
100 gr wortel, iris halus
100 gr daun kol, iris halus
2 btg daun bawang, iris halus
6 btr telur
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
3 sdm air
2 sdm tepung terigu
3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan:
5 bh bawang merah
2 siung bawang putih
3 bh cabai merah

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan udang, aduk sampai udang berubah warna.
2. Masukkan wortel, kol, daun bawang, garam, lada, dan air, masak sambil sekali-sekali diaduk sampai kering. Angkat dan sisihkan.
3. Campur telur, tepung terigu, dan garam, aduk rata. Masukkan tumis sayuran, aduk sampai rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian.
4. Panaskan wajan anti lengket diameter 12 cm. Tuang 1 bagian adonan. Masak dengan api kecil sampai pinggirnya kekuningan, balik sebentar, angkat. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.

ORAK-ARIK TELUR KILAT
Bahan:
-Iris tipis :wortel (1 batang sedang), daun bawang (1 batang), jagung muda/putren (3 batang)
-Siapkan: Telur ayam 2 butir
-Haluskan bumbu: bawang merah (2 siung), bawang putih (1 siung), Garam (1/2 sendok teh)

Cara memasak:
1. Panaskan minyak goreng (sedikit saja, kira-kira 2 sendok makan) atau bisa diganti margarin
2. Tumis bumbu halus
3. Jika sudah wangi, masukkan sayuran lalu tumis
4. pecahkan dan masukkan 2 butir telur lalu di orak-arik hingga rata dan matang

Dan.........siap dihidangkan ^^ (untuk 2 orang)

Download Menu Buka Puasa dan Sahur
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: