10 Jembatan Terpanjang Di Dunia

Inilah 10 Jembatan Terpanjang Di Dunia - Jembatan merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat penting. Dengan adanya jembatan, daerah-daerah yang terisolasi bisa dihubungkan dengan dunia luar. Bisa juga dijadikan sebagai jalan alternatif atau bahkan sebagai objek wisata yang menarik.

Bagi sebagian orang, jembatan mungkin hal yang tidak istimewa, karena banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di tempat saya juga ada beberapa jembatan, salah satunya jembatan penyebrangan :D Tapi disini, saya akan menunjukkan 10 Jembatan paling panjang di Dunia yang tentu saja sangat menakjubkan dan luar biasa.

10. Seven Mile Bridge, Florida, US
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Seven Mile Bridge di Florida Keys, terletak diantara Teluk Meksiko dan Selat Florida, menghubungkan Vaca Key (Marathon, Florida) di Middle Keys ke Little Duck Key di Lower Keys. Di antara jembatan terpanjang yang telah dibangun di dunia, ini adalah salah satu jembatan besar diantara banyak jembatan di AS, di mana trek ini disebut Overseas Highway yang juga masuk dalam daftar Jalan Paling Indah Di Bunia.

9. San Mateo-Hayward Bridge, California, US
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
San Mateo-Hayward Bridge (biasa disebut San Mateo Bridge) adalah sebuah jembatan yang melintasi California San Francisco Bay di Amerika Serikat yang menghubungkan Semenanjung San Francisco dengan East Bay. Jembatan ini dimiliki oleh negara bagian California, dan dikelola oleh Caltrans.

8. Confederation Bridge, Canada
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Confederation Bridge (dalam bahasa Prancis: Pont de la Konfederasi) adalah jembatan yang menghubungkan Prince Edward Island dengan daratan New Brunkswick, Kanada. Ini biasanya disebut sebagai "Link Tetap" oleh penduduk dari Prince Edward Island sebelum namanya diresmikan. Proses konstruksi berlangsung dari musim gugur tahun 1993 sampai musim semi tahun 1997, dengan biaya kurang lebih 13 Miliar Dollar. Jembatan yang memiliki panjang 12,9 kilometer (8 mil) ini dibuka pada tanggal 31 Mei 1997.

7. Rio-Niteroi Bridge, Brasil
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Rio-Niteroi Bridge adalah jembatan dengan struktur beton yang menghubungkan kota-kota Rio de Janerio dan Niteroi di Brasil. Konstruksi simbolik dimulai pada tanggal 23 Agustus 1968, di hadapan Ratu Elizabeth II dari Inggris dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, dalam kunjungan pertamanya ke Brasil. Pekerjaan konstruksi dimulai pada bulan Januari 1969, dan dibuka pada tanggal 4 Maret 1974. Nama resminya adalah "Presiden Costa e Silva Bridge", untuk menghormati presiden Brasil yang memerintah pada saat pembangunan konstruksi.

6. Jembatan Penang, Malaysia
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Penang Bridge adalah jalan raya yang menghubungkan Gelugor di pulau Penang dengan Seberang Prai di daratan utama Malaysia di Semenanjung Malaya. Jembatan ini juga terhubung dengan North-South Expressway di Prai dan Jelutong Expressway di Penang. Jembatan yang resmi dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 14 September 1995 ini memiliki total panjang sekitar 13,5 km (8,4 mil).

5. Vasco da Gama Bridge, Portugal
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Para Vasco da Gama Bridge (bahasa Portugis: Ponte Vasco da Gama) adalah jembatan kabel yang membentang di Sungai Tagus dekat Lisbon, ibukota Portugal. Ini adalah jembatan terpanjang di Eropa (termasuk viaducts), dengan total panjang 17,2 km (10,7 mil), termasuk 0,829 km (0,5 mil) jembatan utama, 11,5 km (7,1 mil) di viaducts, dan 4,8 km (3,0 mil ) di jalur akses khusus. Tujuannya adalah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di kota Lisbon.

4. Chesapeake Bay Bridge, Maryland, AS
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Chesapeake Bay Bridge (umumnya dikenal sebagai Bay Bridge) adalah rentang dual-jembatan di Maryland, AS. Jembatan ini menghubungkan wilayah di Pantai Timur dan wilayah Pantai Barat. Panjang jembatan ini adalah 4,3 mil (7km), dan merupakan rentang asli struktur baja terpanjang diatas air di dunia saat dibuka pada tahun 1952. Jembatan ini resmi disebut William Lane Preston Jr Memorial Bridge setelah William Preston Lane, Jr yang adalah gubernur Maryland, melaksanakan pembuatan proyek jembatan tersebut.

3. Raja Fahd Causeway, Arab Saudi
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Raja Fahd Causeway adalah kombinasi tanggul-jembatan yang menghubungkan Khobar, Arab Saudi, dengan Bahrain. Sebuah penandatanganan perjanjian kontruksi pada tanggal 8 Juli 1981 dilakukan oleh Raja Fahd dari Arab Saudi dan Sheikh Isa bin Salman al-Khalifa Bharain. Konstruksi berlanjut sampai 1986, ketika gabungan dari beberapa jembatan dan bendungan telah selesai. Jalan lintas ini secara resmi dibuka pada tanggal 25 November 1986.

2. Donghai Bridge, China
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Donghai Bridge (Jembatan Laut Timur Agung) adalah jembatan lintas laut terpanjang di dunia dan jembatan terpanjang di Asia. Jembatan itu diselesaikan pada tanggal 10 Desember 2005. Memiliki panjang total 32,5 kilometer (20,2 mil) dan menghubungkan Shanghai dan pantai pelabuhan Yangshan di Cina. Sebagian besar jembatan berada sangat rendah di atas permukaan air.

1. Lake Pontchartrain Causeway, Louisiana, US
10 Jembatan Terpanjang Di Dunia
Lake Pontchartrain Causeway terdiri dari dua jembatan yang paralel dan merupakan jembatan terpanjang di dunia dalam jumlah total panjang. Jembatan ini menyeberangi Danau Pontchartrain di Louisiana selatan. Total panjang dari dua jembatan ini adalah 23,87 mil (38,42 km). Jembatan ini didukung oleh 9.500 tiang beton. Dua jembatan meliputi fitur bascule melalui saluran navigasi sepanjang 8 mil (13 km) selatan dari pantai utara. Terminal selatan berada di Metairie, Louisiana, pinggiran New Orleans. Terminal utara berada di Mandeville, Louisiana.

Nah, itu ke Sepuluh Jembatan Paling Panjang Di Dunia, apakah diantara sobat ada yang pernah berkunjung ke sana?
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: