Spesifikasi Sony Ericsson M1i Aspen

Sony Eircsson M1i Aspen - Artikel pertama dalam label info gadget ini akan diisi dengan review sony Ericsson M1i Aspen. Berikut ini merupakan informasi mengenai Fitur dan spesifikasi HP Sony Ericsson M1i Aspen:

Desain & Interface
Sony Ericsson Aspen ini sudah didukung dengan sistem operasi Windows Mobile 6.5 Profesional dengan panel ala Xperia. Mengadopsi keypad QWERTY dengan layar sentuh (touchscreen). Layar Sony Ericsson Aspen hanya berdiagonal 2,4 inci yang sebenarnya terlalu kecil untuk ukuran layar sentuh. Begitu pula display 65 ribu warna dengan resolusi 320 x 240 piksel tergolong kurang maksimal.

Hanya saja performa layar sentuh ini kurang memuaskan. Terpaksa harus bergantian antara stylus dan jari. Terutama saat mengetik pesan untuk berkirim sms.

Sistem Operasi
Seperti yang sudah disinggung di atas, M1i Aspen sudah menggunakan sistem Operasi Windows Mobile 6.5 Profesional-nya. Sony Ericsson Aspen menawarkan 256 MB RAM serta 512 MB ROM. Prosesor 600 Mhz mendukung ponsel ini dalam kemampuan multitasking. Kendati begitu, delay tetap terjadi saat pengguna membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Terkait urusan penyimpanan data pengguna, disediakan ruang sebesar 307,73 MB. Memang belum cukup memuaskan untuk pengguna yang kerap bertukar data dalam jumlah besar. Vendor mengakalinya dengan menyediakan slot micro SD untuk ekspansi memori.

Kamera
Sony Ericsson Aspen memiliki kamera berkekuatan 3,2 megapiksel. Tapi, minus lampu flash dan autofokus menjadi perhatian tersendiri dari fitur tersebut. Kekurangan dalah hal kamera Ini sudah biasa terjadi pada pada ponsel berbasis Windows Mobile.

Kamera ponsel ini bisa dipakai merekam video resolusi VGA pada 15 fps. Hasilnya pun kurang memuaskan dan gerakan cenderung kabur saat disetel ulang di pemutar video.

Media Hiburan
Semburan audio yang keluar dari loudspeaker Aspen yang terletak di bodi belakang tak terlalu keras. Tapi kombinasi treble dan bass-nya nyaman di telinga. Keluaran via headset 3,5 mm yang terbenam dalam paket penjualan terasa lebih bertenaga.

Sony Ericsson Aspen juga menawarkan radio FM yang bisa ditemukan dalam Slide View. Kemampuan menangkap sinyalnya cukup baik dan pengoperasiannya cukup praktis. Urusan musik pada ponsel ini sudah didukung dengan TrackID.

Selain di Windows Media, Anda bisa pula menonton video via player yang terbenam dalam Slide View. Player ini sudah mendukung video codec seperti DivX/XviD (resolusi rendah) dan MP4.

Internet & Aplikasi
Fasilitas akses internet yang disediakan Aspen sudah cukup baik dengan jaringan sekelas 3G/HSDPA. Terkait browser, tersedia bawaan standar dari Windows Mobile yakni Internet Explorer. Tapi browser tersebut belum mampu menyaingi kecepatan akses serta kompresi data browser pihak ketiga semisal Opera Mobile. Untung sudah support Flash.

Di luar itu, fitur Wifi pun sudah disuntikkan dalam ponsel ini. Pengguna tinggal mendapat sinyal dari jaringan yang tersedia, maka akses gratis pun bisa diperoleh. Kelengkapan lain adalah Bluetooth dan kabel data mini USB dan GPS.

Aplikasi standar Windows Mobile sudah ditanamkan ke dalam ponsel ini. Mulai dari aplikasi Mobile Office yang terdiri dari Word Mobile, Excel Mobile, PowerPoint Mobile dan OneNote Mobile. Berfungsi sebagai aplikasi viewer sekaligus editor. Tersedia juga Adobe Reader LE untuk membaca dokumen dalam format PDF.

Selain itu, pengguna bisa menambahkan aplikasi pihak ketiga lantaran Aspen mendukung Java. Banyak aplikasi gratis ataupun berbayar dari developer yang tersedia dan bisa ditanamkan dalam ponsel ini.

Aplikasi lain tersedia Windows Messenger, Google Maps, Bing, YouTube, F-Secure Mobile Security, Express News, Gokivo, MSN Weather, Skype. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang hanya bisa diakses lewat panel seperti Facebook.

Data mengenai Spesifikasi dan Fitur SE M1i Aspen bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Harga

HSDPA
Yes
Kamera
Ya
3G
Yes
Video Call
Tidak
WiFi
Ya
Memory Ext
Ya
Bluetooth
Ya
Email
Ya
Infrared
tidak
Music Player
Ya
Browser
Ya
Video Player
Ya
Java MIDP
Ya
Video Recorder
Ya
GPS Intenal
Ya
OS Terbuka
Tidak
Aplikasi Navigator
Ya
Radio FM
Ada
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 , UMTS HSPA 900/2100; 117x60x12,45 cm; 130 gram; TFT resistive touchscreen, 65 ribu warna, 2,4 inci; 240x320 piksel (QVGA); 256 MB RAM, 512 MB ROM; user memori: 307,73 MB; microSD; prosesor 600 MHz; Windows Mobile 6.5 Profesional; GPS; Bluetooth 2.1 (A2DP); Wi-Fi; 3,5 mm audio jack; kamera 3,2 megapiksel; 3G/HSDPA; Internet Explorer; radio FM; Office Mobile (Word, Excel, PowerPoint, OneNote, PDF viewer); Facebook; Messenger; Windows Live; Marketplace; Adobe Reader LE; Facebook; YouTube; Universal search; Google Maps, F-Secure Mobile Security, Express News, Gokivo, MSN Weather, Skype
Baterai Li-Po 1500 mAh
Ponsel, baterai, kabel microUSB, charger, headset stereo

Kelebihan: Aplikasi office lengkap, GPS, Wifi, 3G/HSDPA
Kekurangan: user interface rumit buat pemula, hasil kamera standar, display yang tertampil kecil

Sumber: Majalah pulsa (Sony Ericsson M1i Aspen: Aplikasi Office Lengkap, Layar Sentuh Kurang Mantap)
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: