Hari Minggu Bukan Akhir Pekan

Apakah sobat pernah mendengar, ada orang yang bilang "Selamat berakhir pekan" pada hari Minggu? Atau bahkan mungkin sobat sendiri pernah mengatakan hal itu dan menganggap bahwa hari Minggu, Ahad, Sunday adalah akhir pekan. Kalau benar seperti itu, maka di sini saya akan menjelaskan bahwa hari Minggu bukanlah akhir pekan. Tapi tenang saja, tidak perlu malu untuk mengakuinya, karena sobat tidaklah sendirian. Banyak orang diluar sana yang berpikiran sama.

Bahkan pernah juga dijumpai ada penyiar berita yang mengatakan hal serupa "Sampai jumpa dan selamat menikmati akhir pekan Anda". Dalam benak orang kebanyakan, akhir pekan -- week end --- kata orang barat, dimaknai sebagai hari sabtu dan Minggu. Selain itu, akhir pekan identik dengan hari libur. Untuk orang-orang yang bekerja secara normal pada hari biasa, akhir pekan adalah waktunya untuk rileks, bersantai setelah senin hingga jum'at melakukan aktivitas.
Sebagai hari ketujuh memang sangat tepat kalau hari Sabtu disebut sebagai akhir pekan, bukannya hari minggu
Yang jadi masalah, jika hari Sabtu dan Minggu diyakini sebagai akhir pekan, lalu dimana awal pekannya? Apakah hari Senin? Banyak orang mungkin termasuk sobat -- termasuk saya dulu -- menganggap hari Senin adalah awal pekan. Karena merupakan awal untuk melakukan semua aktivitas dan rutinitas. Bekerja untuk orang yang sudah bekerja, sekolah untuk para pelajar dan pergi ke kampus untuk para mahasiswa.

Dalam bahasa Inggris hari Senin disebut Monday dan hari Minggu disebut Sunday. The Advance Learner's Dictionaru Of Current English memberikan definisi Sunday sebagai "the first of the week" sedangkan Monday didefinisikan sebagai "the second of the week".

Dalam masyarakat kita dengan latar belakang Islam, hari Minggu sering disebut hari Ahad.. Kalau dilihat dari asal-usulnya ahad berasal dari bahasa Arab yang artinya satu atau pertama.  Jadi hari Ahad merupakan hari pertama. Kata Senin juga berasal dari bahasa Arab, Isnani yang artinya dua atau kedua. Selasa dari kata Salasun yang artinya tiga atau ketiga, Rabu berasal dari kata Arba'a yang atinya empat atau keempat. Kamis dari kata Khomsatun yang artinya 5 atau kelima, Jum'at dari kata Jam'an yang artinya 6 atau keenam.

Sabtu juga berasal dari bahasa arab yaitu Sab'a yang berarti tujuh. Dengan demikian, sabtu bermakna sebagai hari ketujuh. Dalam tradisi masyarakat Yahudi, misalnya, dikenal juga istilah Sabat, yaitu sebuta untuk hari Sabtu yang sebagai hari ketujuh yang merupakan hari untuk beristirahat.

Sebagai hari ketujuh memang sangat tepat kalau hari Sabtu disebut sebagai akhir pekan, bukannya hari minggu. Akan tetapi, hanya karena kebanyakan orang menikmati liburan di hari Minggu dan baru memulai aktivitas di hari Senin, kemudian menganggap bahwa hari Minggu sebagai akhir pekan dan hari Senin sebagai awal pekan.

Nah, setelah membaca artikel ini, masih menganggap hari Minggu sebagai Akhir pekan???
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: