Cara Berkomunikasi dengan Pacar

Bersama Sukses
Cara berkomunikasi dengan pacar (pasangan) baik pria dan wanita untuk kelangsungan hubungan jangka panjang. Komunikasi  merupakan salah satu unsur paling penting dalam sebuah hubungan. Tentunya tanpa mengabaikan unsur-unsur lain yang ada dalam hubungan itu sendiri. Kesalahan dalam cara berkomunikasi seringkali menjadi salah satu penyebab ketidakharmonisan atau bahkan hancurnya sebuah hubungan. Kita tentu ngga mau dong, hubungan yang sudah dijalin sekian lama dengan susah payah, hancur begitu saja hanya gara-gara adanya miss komunikasi! Karena itu sangat penting untuk mengetahui dan memahami bagaimana seni dalam berkomunikasi dengan pasangan.

Berikut ini ada beberapa tips - trik bagaimana cara berkomunikasi dengan pasangan dan beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa komunikasi dalam hubungan kalian berjalan dengan lancar. Agar tercipta sebuah hubungan yang harmonis.



Pertama dan yang paling utama, menjadi pendengar yang baik adalah sebuah kewajiban. Semakin banyak pasangan kamu mengerti bahwa kamu mendengarkan (bahwa dia didengar)  maka dia akan semakin terbuka sama kamu untuk mengungkapkan apa yang ada di hatinya tanpa ditutup-tutupi. Ini adalah indikasi sebuah hubungan yang sehat. Salah satu cara untuk memastikan bahwa komunikasi berjalan baik adalah dengan menyisihkan waktu untuk berdiskusi secara berkala (bisa seminggu sekali) sebagai media untuk mengetahui apa yang ada dalam benak masing-masing.

Dengan melakukan ini, akan sangat membantu memecahkan masalah sebelum masalah itu tumbuh dan berkembang menjadi masalah yang lebih besar dan sulit dipecahkan. Kalau kamu ingin melakukan ini (diskusi dengan pasangan) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

# Meminimalisir kemunkinan gangguan yang timbul

# Cari tempat yang nyaman . Kalo perlu ciptakan suasana yang romantis

# Singkirkan hand phone terlebih dahulu. Ngga lucu dong, kalo kamu lagi seru-serunya berdiskusi tiba-tiba hand phone berdering. Apalagi kalo yg nelpon selingkuhan kamu :D

# Pastikan kalian berdua memegang perhatian pada apa yang akan dibicarakan.

# Salah satu praktek yang umum digunakan  dalam sebuah percakapan adalah dengan merespon dengan baik bahasa tubuh maupun bahasa lisan orang yang sedang bicara.

# Menegaskan kembali apa yang mereka katakan dengan mengulang kembali apa yang kamu tangkap dari pembicaraannya.

# Menggunakan bahasa tubuh yang positif untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar berminat dengan apa yang sedang dibicarakan.

Kedua, adalah pemahaman bahwa pria dan wanita berbicara dengan cara yang berbeda. Kalau kamu seorang cewek (wanita, perempuan dan makhluk halus sejenisnya) jangan suka memonopoli percakapan alias terus nyerocos. Tapi beri kesempatan sama cowok kamu untuk berbicara dan mengungkapkan sesuatu yang mungkin perlu untuk dia katakan.

Salah satu faktor yang sangat penting untuk memahami perbedaan cara berkomunikasi antara pria dan wanita adalah dengan mengetahui apa tujuan seseorang dalam sebuah percakapan. Apa yang mereka cari? Seorang wanita sering mencari percakapan simpatik. Artinya, saat datang ke dalam sebuah percakapan para wanita lebih berperan sebagai pemapar masalah. Istilah lainnya curhat. Mereka akan sangat dihargai kalau kamu bersedia mendengarkan apa yang sedang mereka bicarakan.

Bahkan kebanyakan para wanita tidak terlalu membutuhkan solusi ketika mereka curhat dan mengungkapkan masalahnya. Loh, lalu apa yang mereka butuhkan? Mereka butuh didengar. Mereka menginginkan seseorang yang mereka pikir bersedia memahami apa yang sedang mereka rasakan.

So, kalau kamu seorang pria (cowok, laki-laki dan mahluk sejenisnya) dan ada cewek yang sedang curhat, dengarkan! Jangan terburu- buru memberikan solusi.

Sementara itu, seorang pria datang ke dalam sebuah percakapan sebagai Mr Solution. Mereka senang kalau bisa menjadi seorang yang bisa memberikan solusi dan menyelesaikan masalah. Mereka berpikir wanita menyukai itu. Akibatnya sering terjadi benturan ketika mereka sering terlalu cepat untuk memberikan solusi ketimbang memahami lebih jauh apa yang dirasakan si wanita.

Di sinilah, memahami aspek psikologis sosial kita sangat penting untuk memahami perbedaan yang kita hadapi dalam sebuah komunikasi. Semoga artikel singkat ini bisa membantu untuk orang-orang yang sedang bingung bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar dengan pasangannya.
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

17 komentar untuk "Cara Berkomunikasi dengan Pacar"

Post a Comment