Cara Mencegah Dampak Negatif Facebook

Bersama Sukses
Tips : cara mencegah dan menghindari dampak negatif facebook. Saya rasa semua orang setuju bahwa facebook memang fenomenal. Bagaimana tidak? Facebook berhasil memasuki sendi-sendi kehidupan manusia zaman moderen hanya dalam waktu beberapa tahun sejak kemunculannya. Di Indonesia khususnya bahkan di dunia. Dari golongan masyarakat kelas atas sampai bawah, dari masyarakat kota sampai yang ada di pelosok desa, dari anak-anak sampai orang dewasa, dari laptop yang harganya jutaan sampai hand phone dengan harga 200 an ribu. Si 'facebook' ini berhasil menjejalkan dirinya.

Begitu besarnya pengaruh facebook ini sampai sampai ada kebiasaan baru di kalangan remaja saat berkenalan. Kalau dulu, orang berkenalan cuma bertanya nama dan beetukar nomor telepon. Sekarang, bertambah satu lagi menanyakan akun facebook. 'Kamu punya facebook ngga?" Hayo.., siapa pernah ditodong dengan pertanyaan seperti itu saat berkenalan?


Bahkan di kalangan remaja, facebook sudah menjadi trend baru dan menjadi indikator seberapa gaul seorang remaja itu. Orang yang ngga punya akun facebook dianggap tidak mengikuti trend. Orang yang sudah punya akun facebook merasa dirinya sudah menjadi bagian dari kehidupan moderen yang serba internet dan serba facebook (padahal bikin akun facebook sama email aja sampe nyusahin penjaga warnet). Tidak heran banyak orang berbondong-bondong pergi ke warnet cuma buat facebookan. Ada juga yang meminta temannya untuk dibuatkan akun Facebook. Saya sendiri pernah kebagian jatah (dimintai tetangga untuk membuat akun facebook untuknya.

Tapi ada satu hal yang perlu dicermati dari trend facebook ini, yaitu dampak negatifnya. Seiring dengan popularitas facebook yang semakin menjadi-jadi, pengaruh negatif facebook semakin kental juga dirasakan beberapa penggunanya.Terbukti dengan munculnya berbagai kasus penyalahgunaan facebook beberapa waktu lalu. Maka sudah seharusnya kita sebagai pengguna facebook mengambil langkah antisipasi untuk mencegah dan menghindari dampak negatif facebook ini. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai tunta.

Cara mencegah dan menghindari dampak negatif facebook

1. Bermain facebook dengan aman

Bertindaklah aman dalam menggunakan facebook. Hindarkan diri dari praktek pishing (pencurian identitas). Lindungi password anda, jangan sampai ada orang lain yang mengetahuinya. Bahkan teman anda sekali pun.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca tips aman menggunakan facebook.

2. Jangan menyimpan data yg terlalu pribadi

Beberapa kali saya mendapati para facebookers yang mencabntumkan data-data yang terlalu pribadi (menurut saya) di profile facebook mereka. Aeperti alamat lengkap dan nomor hand phone. Mungkin maksudnya baik, tapi itu bisa menjadi boomerang.

Bayangkan, apa yang bisa dilakukan seseorang dengan nama, alamat lengkap dan nomor hand phone anda? Tidak terbayangkan? Nah, di situlah masalahnya. Mereka bisa melakukan apa saja, bahkan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh kita. So, waspadalah.

3. Kenali sisi positif dan negatifnya

Dari hasil polling yang saya lakukan di blog ini mengenai manfaat dan negatif facebook. Diketahui bahwa 54% dari total 255 voter, mengaku bahwa facebook lebih banyak manfaatnya. Sedangkan 36% mengatakan facebook lebih banyak negatifnya, dan sisanya 9% mengatakan tidak tahu.

Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa mereka (para pengguna facebook) sudah mengetahui mengenai dampak negatif facebook dan juga manfaatnya. Ini penting, dengan mengetahui manfaat dan dampak negatifnya, kita jadi tahu bagaimana cara menyikapinya.

4. Menggunakan facebook sesuai porsinya

Berlebihan, dalam konteks apa pun tidak dapat dibenarkan. Bahkan dalam Islam sendiri, ada istilah Bid'ah untuk menyebut sesutau yang dilakukan secara berlebihan. Semua (idealnya) harus berjalan sesuai porsinya, tidak perlu berlebihan. Begitu juga dengan penggunaan facebook.

Jadi, hindari yang namanya kecanduan facebook, gila facebook, facebook maniak dan sejenisnya. Jangan sampai kasus orang tua yang menelantarkan anaknya karena keranjingan bermain facebook beberapa waktu lalu terulang lagi nanti.

5. Bersikap baik, Hindari konflik

Beragam tipe dan karakter manusia (dari berbagai suku, kultur kebudayaan dan kebiasaan) di dalam situs jejaring sosila semacam facebook, membuka peluang terjadinya benturan antara sesama pengguna facebook satu dengan lainnya. Akibatnya sering terjadi perselisihan kareena ketidak sepahaman itu tadi.

Bersikap baik dan menghindari kemungkinan yang mengarah pada terjadinya konflik adalah upaya paling tepat.

Oke, semoga tips cara menghindari dan merncegah dampak negatif facebook ini bisa bermanfaat. Silakan kalau ada yang mau menambahkan.
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

11 komentar untuk "Cara Mencegah Dampak Negatif Facebook"

Post a Comment