Menghilangkan Sifat Pemalu, Minder dan Rendah Diri

Bersama Sukses
Tips: Cara menghilangkan sifat pemalu, minder dan rendah diri. Sifat pemalu berbeda dengan sifat malu atau rasa malu. Sifat pemalu adalah karakter seseorang dengan sifat malu atau rasa malu yang berlebihan atau sering disebut minder. Sifat malu atau rasa malu harus dimiliki oleh setiaporang karena itu menunjukkan bahwa kita adalah manusia yang bermoral. Apa jadinya kalau seorang tidak punya rasa malu. Mungkin dia akan telanjang di tengah jalan sepeti orang gila.

Begitu juga dengan sifat rendah diri, orang sering salah kaprah menyebut rendah diri sebagai rendah hati. Padahal keduanya sama sekali berbeda dan saling bertolak berlakang. Rendah diri adalah sikap yang timbul karena rasa minder dan kurang percaya diri. Sedangkan rendah hati adalah sebuah keadaan di mana seseorang terbebas dari sikap sombong dan meremehkan orang lain. Lalu bagaimana cara mengatasi sifat pemalu , minder dan rendah diri dalam diri seseorang? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Apa yang menyebabkan kamu merasa minder dan rendah diri?

Karena merasa banyak kekurangan? Karena merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan?

Kita tidak harus selalu memandang ke atas. Kita juga tidak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan itu sudah cukup menyenangkan. Mengenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadi tidak perlu yang namanya malu atau minder

2. Siapa saja orang orang yang buat kamu malu dan minder?

Orang orang yang baru kamu kenal? Orang orang yang menurut kamu punya derajat lebih tinggi dari kamu?
Oke, mulailah dengan mengubah cara berfikir kamu. Setiap manusia adalah sama. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bahkan untuk orang orang yang kamu anggap sempurna. Mereka sama seperti kamu, seperti saya, maka tidak ada alasan untuk merasa minder.

3. Berhentilah memikirkan kekurangan-kekuranganmu

Terimalah diri kamu apa adanya. Jadikan kekurangan kamu sebagai kelebihan. Tukul Arwana, adalah contoh yang tepat dalam hal ini. Lihat, bagaimana dia memaksimalkan kekurangannnya menjadi kelebihan yang justru tidak dimiliki orang lain. Selalu menutupi kekurangan hanya akan membuat kamu semakin terpuruk dalam sikap minder dan rendah diri.

4. Memperluas pergaulan

Bergaullah dengan orang orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pelajari cara cara mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.  Cara mereka berkenalan dengan orang baru, cara mereka memperlakukan orang lain, cara menyikapi sebuah masalah, cara mengatasi situasi, dan lain lain.  Banyak hal yang bisa kamu pelajari dan praktekan sendiri.

5. Mulailah belajar bertanya kepada orang baru

Belajar bertanya? Yups, bagi orang orang yang bukan pemalu bertanya kepada orang baru bukan sebuah masalah besar. Tapi, keadaan berbeda dengan orang orang pemalu. Rata rata dari mereka jarang sekali memulai pembicaraan atau sebuah pertanyaan. Hal ini hanya bisa dimengerti oleh orang yang sama sama pendiam.

6. Perhatikan penampilan

Mulailah memperhatikan penampilan kamu terutama saat keluar dari rumah. Penampilan yang baik dan maksimal dapat membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri. Kamu tidak akan merasa minder dan malu saat bertemu dengan orang lain karena kamu sudah tampil All out. Menampilkan yang terbaik. Silakan baca artikel saya 8 Tips Agar Tampil Menarik.

7. Selalu bersikap tenang

Kesalahan utama orang orang pemalu adalah kurangnya self control (pengendalian diri). Terutama jika berada dalam situasi yang tertekan dan asing. Grogi, cemas, salah tingkah, berkeringat adlah beberapa indikasi seseorang sedang berada dalam tekanan. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips ringan. Mengambil nafas dalam dalam dan menghembuskannya secara perlahan akan membuat kita merasa sedikit lebih rileks dan tenang.

Singkirkan imajinasi negatif kamu mengenai apa yang sedang kamu hadapi. Hilangkan pemikiran bahwa orang orang sedang memperhatikan kamu dan berfikir negatif tentang kamu. Faktanya, semua berjalan biasa biasa saja tidak seperti apa yang kamu pikirkan. Semua hal negatif kamu itu hanya ada dalam imajinasi kamu saja.

8. Coba sesuatu yang baru

Sering mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan kamu tentang hidup dan kehidupan. Yang pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua manusia adalah sama. Kita punya kekurangan mereka juga. Mereka punya kelebihan kita pun memilikinya. Mereka bisa, maka kita juga bisa..!
"Keterbatasan hanyalah sebuah kesalahan dalam cara kita berfikir."

Seharusnya kita tidak memiliki satu pun alasan untuk merasa minder dan rendah diri..!
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

40 komentar untuk "Menghilangkan Sifat Pemalu, Minder dan Rendah Diri"

  1. nice info...
    penting bgt buat profesional muda...

    ReplyDelete
  2. keduaxxxx.... :)

    wah, situ profesional muda yah Gan..?

    ReplyDelete
  3. Ketigax...

    Sip gan.. tambah pengetauan baru ni...

    ReplyDelete
  4. ketujuhx.........

    mantep gan, nambah wawasan nih... :)

    ReplyDelete
  5. kelimaxxx dulu dong..!!!

    @ erdiza
    wah, thanx atas apresiasinya...! :)
    juga atas kunjungannya :D

    ReplyDelete
  6. tapi emank sulid daach mo ngilangin rasa malu..coz gw pemalu cii.. hoho

    ReplyDelete
  7. ;) keren.. manstabbb.. pas banget buat saya yang pemalu dan suka malu2in ini. =))

    Mas, mahasiswa psikologi yach!

    ReplyDelete
  8. waaaaaahh sngat berguna skalee! arigato ne! ;;)

    ReplyDelete
  9. ;;) :) ;)

    manttaaaabbbbbbbbssss.........
    brguna banget bwat memperbaiki diriku yg pemalu...
    thank's tipsnya!!!

    ReplyDelete
  10. aq selalu malu klo deket cewe
    apalagi klo aq naksir dia pasti diem melulu klo deketan..
    Suatu saat cewe itu tanya km suka ma aku aq pura pura gk denger...
    trus dia bilang gk ada apa2 padhal kayanya aq gk nampilin sikap naksir dia jadi mualu bgt
    gmn y??

    ReplyDelete
  11. @anonim
    Wualah.... ada cewe nanya gitu kok malah pura2 ga denger???? :|

    Itu artinya si cewek emang udah ngerasa (feel) kalo kamu tuh suka ma dia. Inget, bro perasaan cewek tuh biaanya lebih peka, meski kamu ga nunjukkin.

    Saran saya, buruan deh tembak tuh cewek. Saya jamin deh bakalan diterima.

    Kalo mau lebih mastiin lagi, coba deh digodain dikit aja, pasti dia seneng banget... itu tandanya dia emang suka sama km, sob...

    ReplyDelete
  12. bner2 mantap infonya.
    thx's gan udh ksih pencerahan . .;D

    ReplyDelete
  13. gud inf0..qu tuwch or9x pmalu ban9uet..tp zmnjk bc info nee qu jd sdar.thnks LANJUTKANN..!!

    ReplyDelete
  14. wah....bagus bgt tipsna,,, bener2 sesuai dgn yg aQ alamin...tp tuk ngejalaninnya ga mudah...
    dah sring bc tips ky gini ssh tuk mencobanya....

    ReplyDelete
  15. like thiz langkah awal yg paling baik apa ya?

    ReplyDelete
  16. Kren bnget tips.a ..
    othe dehh ??

    ReplyDelete
  17. kyeeennn.......keyeenn..keyeenn,,
    ga bakaal minnddeerr lagii dechh,,

    hahahahaa

    ReplyDelete
  18. keren brother.....!!! ni pas bnget dengan keaadaan q....maju tuk presentasi di skul aja....kdang2 aq mau nangis....gimana tu bro !! ada solusix g...thx !!

    ReplyDelete
  19. Q mo nyoba lah, , , , , spa teu bisa berubah. ..!!!!



    hehehehehe......................
    ....................
    ..............
    ..........

    ReplyDelete
  20. hmb.. .
    gOod tips na gan. . .
    tr quh cBa deh...

    ReplyDelete
  21. ada lagi gan. . .
    quh mau exsis di kluarga,pergaulan n semua na deh..!
    gMna gan sOlusi na..??

    ksih tw iah gan..
    cpet..! ^_^

    ReplyDelete
  22. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai "Fobia Sosial" berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Fobia Sosial ?

    ReplyDelete
  23. Keren bro infonya,,,
    Tapi,,buat ngilangin keringat dingin atau keringat bajir(keringat dingin yg sangat parah) kalo deket cewe gimana gan??

    ReplyDelete
  24. memang benar ya terkadanh mnghilangkan sifat malu agx susah,,
    mksih ya bwt tips'y sangat bermnfaat sekali.

    ReplyDelete
  25. gw juga pemalu nih,
    justru gw kalo ketemu orang baru kagak malu dah. gw berani kenalan ngobrol, tapi gw malunya justru pas dah kenal ama 'temen baru' karna gw suka mikir aneh aneh dah. misalnya gw takut mereka pikir gw itu aneh, atau gak gaul
    dkk lah..

    ReplyDelete
  26. Muantab bgt br0 tips'na. . .
    Thankz ea br0, ntar Gw cba. . .

    ReplyDelete
  27. pemalu emang kurang baik gan,,,tapi nggak punya malu juga kelewatan hehhe

    ReplyDelete
  28. •-̶̶•̸Ϟ•̸ "†ђΔήĸ Ųőύ"•̸Ϟ•̸-̶• Ɣαα◦°◦ tipsnya...мαƱ ª a͡ķΰ coba dulu...semoga berhasil...

    ReplyDelete
  29. ak pemalu dan pendiam
    ak merasa tertekan soalnya smpe skrng blm ad tmen
    krna gw malu sm kekurangan gw dan jg soalny tmen gw cntik2 smua ,tpi gw :( gk kyk gitu
    menurut ku ini susah2 mudah utk dijalani

    ReplyDelete
  30. Aq sering mrasa rendahdiri... Pdahal aku gak salah apa apa

    ReplyDelete
  31. okok,, sangat-sangat membatu sekali dalam menghadapi persoalan ayas nawak. Thanks :D

    ReplyDelete