Manfaat Facebook Bagi pelajar dan Remaja

Bersama Sukses
Manfaat facebook bagi pelajar dan remaja. Setelah kemarin menuliskan dampak negatif facebook pada remaja dan pelajar, nggak adil rasanya kalau tidak menuliskan tentang manfaat facebook bagi pelajar dan remaja. Saya percaya, semua hal di dunia ini mempunyai dua sisi. Baik dan buruk. Begitu juga dengan facebook, situs jejaring sosial yang satu ini memiliki sisi negatif dan sisi positif badi para penggunanya. Terutama bagi remaja, karena kebanyakan pengguna facebook adalah remaja usia 14 sampai 24 tahun, atau sebanyak 61,01% dari jmlah pengguna facebook di Indonesia. Itu data yang saya ambil akhir tahun 2009. Silakan di cek Jumlah pengguna facebook di Indonesia 2009. Oke, kita langsung saja, apa saja manfaat facebook bagi pelajar dan remaja.

1. Dapat banyak teman baru
Ini sudah jelas bukan? Karena pada dasarnya situs-situs jejaring sosial semacam facebook dan tweeter memang dimaksudkan untuk mencari dan memperbanyak teman.  Tapi ini juga bergantung pada motivasi seseorang dalam menggunakan facebook. Ada beberapa orang yang hanya membuat akun di facebook hanya sekedar ada saja. Hanya sebagai syarat agar tidak disebut remaja kuper alias kurang pergaulan. Contohnya saya, buat akun facebook karena takut kalau nanti pas kenalan sama cewek mereka nanya " Alamat facebooknya apa? Add aku ya..?" Wew..

2. Bertemu teman lama
Ini sudah saya buktikan sendiri. Semenjak punya akun facebook, sangat mudah bertemu kembali dengan teman lama bahkan pacar lama, hehe. Karena rata-rata mereka juga punya akun facebook. Tinggal ketik namanya di mesin pencari teman, ketemu deh..! Itu juga kalau temen kamu tidak menggunakan nama palsu.

3. Berbagi informasi
Kalau kamu punya informasi menarik dan bermanfaat bisa tuh di share di facebook. Sayangnya, dari yang saya lihat masih jarang orang yang memanfaatkan facebook sebagai sarana untuk berbagi informasi. Kebanyakan dari mereka cuma mengguanakan facebook untuk chatting cas cis cus ngga penting. Kalau nggak ya buat main game seperti texas holdem poker atau Mafia Wars yang lagi ngetren di facebook itu.

4. Tempat curhat
Nah, lho.. buat kamu yang mau curhat bisa tuh sama temen di facebook. Siapa tahu ada yang nanggepin dan ngasih solji alias solusi jitu buat masalah kamu. Walau pun kebanyakan komentarnya bakalan ngawur kayaknya. Jadi siap-siap tambah BeTe deh. Tapi, masa sih, dari sekian banyak teman ngga ada yang bener satu pun. Yang bisa ngasih masukan bermutu dikit..! Yah, asalkan kamu curhatnya yang bener aja, jangan yang aneh aneh. Soalnya saya pernah nemu orang di facebook dengan status "Aduh, celana dalam gw ilang. Ada yg tau ngga?" Jiah.., itu CD pasti udah setaun ngga dicuci, makanya diembat anjing tuh..!

5. Menyalurkan hobby menulis
Sebenarnya di facebook ada juga fasilitas note untuk menampung hobi kamu dalam hal tulis-menulis. Bisa sekedar menulis curhatan, puisi, opini, tips dan sebagainya. Syangnya sangat jarang para facebookers yang memanfaatkannya. Sekedar saran buat yang hobi nulis, mending bikin blog aja. Lebih bebas berekspressi..! Haha...

6. Sebagai media penyimpanan data
Selain sebagai media berbagi informasi, facebook juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan berupa file-file mp3, video, foto dan lainnya. Asal jangan menyimpan data-data yang sangat pribadi, seperti nomor ATM. Ingat facebook cukup mudah dihack terutama sekedar melihat koleksi foto tanpa harus menjadi teman. Apalagi kala kamu facebooker warnet, kalau lupa log out, bisa bahaya tuh..!

7. Sarana Promosi
Kalau kamu seorang blogger, facebook bisa kamu gunakan untuk promosi situs/weblog kamu. Tujuannya tentu agar blog kamu semakin dikenal dan semakin banyak pengunjungnya.

8. Menghindari stress
Ngobrol dengan teman-teman, mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik, bermain game, itu bisa menjadi obat stress yang ampuh setelah seharian berkutat dengan pelajaran di sekolah. Dan semua itu bisa kamu lakukan di facebook. Meski pun saya pribadi lebih suka ngeblog..!

Nah, itu dia Manfaat facebook yang saya temukan. Menurut kamu apa manfaat facebookBagi pelajar?
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

41 komentar untuk "Manfaat Facebook Bagi pelajar dan Remaja"

Post a Comment