7 Penyebab Remaja Bunuh Diri

Bersama Sukses
Semakin banyaknya kasus bunuh diri yang terjadi belakangan ini cukup membuat saya prihatin. Terlebih lagi para pelaku bunuh diri tersebut kebanyakan berasal dari kalangan kaum muda atau sebut saja remaja. Hal ini mengundang saya untuk menesuluri lebih lanjut mengenai apa penyebab remaja bunuh diri. Akhirnya saya melakukan inspeksi ke om gugle. Berikut ini adalah hasil penelusuran saya mengenai penyebab remaja bunuh diri. Ada 7 penyebab remaja melakukan bunuh diri, yang kebanyakan adalah hal sepele. kita simak saja...

1. Konflik dengan keluarga
Seperti penyebab bunuh diri kebanyakan secara umum, konflik dengan keluarga menjadi salah satu penyebab remaja melakukan bunuh diri. Terutama konflik dengan orang tua yang membuat mereka, para remaja merasa tidak diterima dalam keluarganya.

2. Ditolak dalam pergaulan
Ditolak dan dikucilkan dari lingkungan dan pergaulan bisa menjadi salah satu penyebab seorang remaja bunuh diri. Lingkungan pergaulan bagi seorang remaja adalah hal yang sangat penting. Makanya, ketika mereka merasa tersingkir lingkungan pergaulannya seorang remaja seperti ditolak oleh seluruh dunia. Wah, gawat kalau sudah begini.

3. Berpisah dengan orang yang dicintai
Perpisahan dengan orang-orang yang dicintai serta orang-orang yang mencintai kita adalah sebuah pukulan berat. Misalnya ditinggal mati oleh orang tua atau pacar. Ini bisa menjadi pemicu seorang remaja untuk melakukan bunuh diri.

4. Merasa dipermalukan
Tidak semua orang bisa menanggung rasa malu. Terlebih pada remaja di mana  kondisi mental dan kejiwaannya yang masih rapuh. Daripada menanggung malu, lebih baik mengakhiri semuanya dengan bunuh diri. Solusi yang jitu yah..?

5. Konflik dengan pacar
Bagi sebagian rang ini adalah masalah sepele. Tapi tidak bagi sebagian lagi. Malah ada yang sampe nekat melakukan bunuh diri gara-gara putus dengan pacar, pacar selingkuh, ditolak, atau yang paling sering menjadi penyebab bunuh diri adalah karena gagal menikah. Pada remaja cewek ada yang bunuh diri karena ditinggal cowoknya, sementara dia sudah kehilangan keperwanannya. Beuuuhh..! Dalam kondisi seperti ini yang dirugikan selalu pihak cewek. Nah, inilah yang saya maksud dalam artikel 4 kesalahan fatal saat pacaran (silakan dibaca..!)

6. Menghindari masalah
Mungkin lebih tepatnya lari dari masalah. Hmmmh, bagaimana yah menjelaskannya..? Yaaa, gitu deh..! seorang remaja yang punya masalah dan tidak bisa menyelesaikannya. Akhirnya memilih untuk melakukan bunuh diri saja agar masalahnya selesai. Hmmh, cerdik sekali mereka ini...

7. Ujian Nasional
Loh, apa hubungannya Ujian Nasional (UN) dengan remaja bunuh diri? Pernah mendengar seorang remaja bunuh diri karena tidak lulus Ujian nasional atau tidak naik kelas? Kalau tidak pernah silakan cek di om gugel dengan kata kunci 'Ujian Nasional penyebab remaja bunuh diri' pasti ketemu tuh..!

Dari hasil penelusuran saya itulah penyebab remaja bunuh diri. Semoga rekan-rekan remaja yang mampir ke blog ini, nggak ada yang berpikir untuk bunuh diri yah..?

Kalau ada yang mau menambahkan perihal penyebab remaja bunuh diri, silakan share aja di kolom komentar

beritahu teman anda artikel-artikel bagus dari gen22.blogspot.com
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

18 komentar untuk "7 Penyebab Remaja Bunuh Diri"

  1. Saya ingin ngasih sedikit masukan untuk postingan ini, boleh kan mas?

    Saya liat, penerapan teknik SEO-nya agak berlebihan.

    Pertama : TERLALU BANYAK BOLDING. Ini membuat tampilan artikel menjadi kurang enak diliat. Coba kasih bolding hanya pada kata, frase, atau kalimat tertentu yang benar-benar dianggap penting untuk pembaca.

    Kedua : tata bahasa agak kurang natural karena banyaknya pengulangan kata kunci. Menulislah senatural mungkin sehingga tata bahasanya tidak menjadi aneh :)

    Ketiga : terlalu banyak LINK YANG SAMA. Bahkan cuma berupa link postingan itu sendiri. Ini kurang efektif untuk SEO. kalaupun terpaksa, pada anchor-text yang dikasih backlink bisa kita setting tidak menjadi tebal dan tidak berwarna khusus. Sehingga tidak terlalu mengganggu pembaca.

    Itu aja masukan saya. Maaf nggak ngomentarin isi artikelnya :D

    ReplyDelete
  2. Pisah dengan seseorang kok bunuh diri, emang kalau sudah mati bisa ketemu lagi, ya?

    ReplyDelete
  3. @ajir
    hehe, wah dah lama ngga mampir nih sobatku ini:)

    @iskandaria
    oh, jadi itu ngga efektif yah Mas? Soalnya aku lihat banyak yg melakukan itu. Aku pikir berpengaruh :D

    Oke, deh kalo begitu
    Thanx Masukannya mas..?

    ReplyDelete
  4. @ alamendah
    mungkin dia pikir sambil nunggu di akhirat, Mas..:D

    ReplyDelete
  5. buset... masa gara2 UN bunuh diri...
    emang apa yang salah dengan UN?

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum,
    Postingan kita hampir sama ya.. Sebenarnya setiap orang (siapapun remaja/dewasa), bisa tegar dan mampu menjalani kehidupannya yang sesulit apapun, asalkan ia kuat iman dan sabar. Orang yang mengakhiri hidupnya dengan jalan bunuh diri, adalah orang yang tidak punya iman keyakinan kepada Allah. (Dewi Yana)

    ReplyDelete
  7. @Ahmad Ramadani
    mungkin karena ngga lulus UN Bro..!

    ReplyDelete
  8. Sebagai remaja, kondisi kejiwaan tiap mereka itu berbeda-beda. Kita gak tau apa yang mereka pikirkan. Mereka sama dengan wanita, susah dimengerti...

    Hidup remaja!

    ReplyDelete
  9. @Qori
    haha, remaja emang masa paling rawan saya pikir
    Maknaya harus diperlakukan dengan benar Gan..!

    Kalo ortu salah menangani bisa repot ntar..!

    ReplyDelete
  10. @Dewi Yana
    Wa'alaikum sallam :)
    Iya, sebenarnya itu alasan utamanya, karena mereka memiliki iman yg tipis. Tidak memiliki pegangan yg kuat dalam hidup sehingga saat tertimpa masalah, yah gitu deh..! :D

    ReplyDelete
  11. wahwah,,,, emang bener tuh saya juga setuju banget.. ujian nasional jadi salah satu penyebab bunuh diri anak remaja...

    secara gittuu,, kalo ngga lulus kan.... :'o hmm,,, gimana yahh.. MALU nya itu lhooo..... ga ke tulungan!!! :((

    ReplyDelete
  12. "anonim
    wah, tapi hati2 yah..!
    jangan sampe kamu bunuh diri gara2 ngga lulus ujian nasional.. :D

    BTW, semoga lulus deh..!

    ReplyDelete
  13. wadouw jgn deh masa depan masih panjang

    ReplyDelete
  14. @arazuku
    iya gan, masa orang sakit aja pengen sembuh, kita kok malah bunuh diri..

    ReplyDelete
  15. hay bleh knlan gk klau mw hub noe nie yeach
    082137616877
    ukyx cuach smrng

    ReplyDelete
  16. p0w ye0 tex ?????????????????????

    ReplyDelete