Tipe Kepribadian dalam Pekerjaan

Setelah beberapa waktu lalu memposting artikel tentang tipe tipe kepribadian manusia secara mendasar, Sekarang ada artikel bagus mengenai tipe kepribadian dalam kaitannya dengan pekerjaan. Sebenarnya masih satu kaitan dengan artikel tipe kepribadian dasar manusia sebelumnya, tapi sengaja saya posting secara terpisah agar lebih mudah dipahami.
Oh, ya sebelum saya lupa saya mendapatkan artikel bagus ini dari blognya BKKS jatim, karena saya pikir bermanfaat jadi harus dipublikasikan kepada orang banyak. Ada 6 tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan, antara lain :


1. Tipe Kepribadian Realistik
Orang yang menyukai aktivitas di luar ruangan. Mereka sering menganggap tidak begitu penting bersosialisasi dan lebih suka bekerja sendiri. Jika harus bekerja dalam tim, ia lebih suka dengan orang yang setipe. Orang ini tidak suka bergosip dan hanya berkonsentrasi pada tugasnya. Tipe ini tidak pernah melimpahkan pekerjaannya pada orang lain.

2. Tipe Kepribadian Investigatif
Orang selalu tertarik pada gagasan dan ide-ide. la merasa membuang waktu dengan masalah yang melibatkan emosi. Tipe ini sering berkonflik dengan orang yang biasa bergosip.


3. Tipe Artistik
Orang yang senang dengan ide-ide dan materi untuk diekspresikan dengan cara yang unik. Tipe ini sangat menghargai kebebasan. Sayangnya, tipe ini rentan jadi santapan gosip karena caranya yang unik dan sering menimbulkan interpretasi yang biasa.


4. Tipe Sosial
Orang yang berorientasi untuk dan dengan orang lain. Tipe ini cenderung mempunyai orientasi untuk menolong, memelihara dan mengembangkan orang lain. Karena kepekaan dan kepeduliannya, orang ini senang mengurus hal-hal yang terlalu pribadi. Bila tidak diimbangi dengan kematangan, ia mudah tergelincir untuk menjadi penggosip.


5. Tipe Wiraswasta
Orang yang lebih berorientasi pada ‘orang’ daripada gagasan. la mendominasi orang lain untuk mencapai tujuannya. la pintar mengatur kerja orang lain, mempersuasi orang dan bernegosiasi. Kemampuan bicaranya sangat diperlukan, biasanya ia menunjukkan sifat bossy dan pemarah di lingkungan kerjanya.


6. Tipe Konvensional
Orang ini biasanya berfungsi paling baik dalam lingkungan dan pekerjaan yang terstruktur dengan baik serta memerlukan keletihan. la biasanya tidak suka bekerja dengan ide-ide dan orang lain.


Nah, itulah 6 tipe kepribadian dalam pekerjaan, Anda termasuk tipe yang mana..?

beritahu teman anda artikel-artikel bagus dari gen22.blogspot.com
Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: