Manfaat Mengenalkan Musik Pada Anak

Bersama Sukses
Manfaat Musik
Manfaat Mendengarkan Musik dan Bermain Musik Bagi anak. Sepertimya sudah sejak dulu kita mengetahui manfaat mendengarkan musik terhadap perkembangan kecerdasan anak. Musik dapat merangsang dan melatih kecerdasan otak anak. 
Mengenalkan anak pada alunan musik sejak dini merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, selain dapat memancing ketertarikan anak untuk lebih mendalami dunia musik, musik merupakan seni yang memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengenalkan musik kepada anak sejak dini.

Keseimbangan otak
Kebiasaan berlatih musik akan menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan otak kanan. Selain itu, musik dapat meningkatkan daya ingat anak untuk proses belajar dan penyimpanan informasi. Singkat kata, musik dapat berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Koordinasi motorik
Bermain musik dapat membantu koordinasi antara indera dan motorik anak yang sering mendengarkan musik, kepekaan pendengarannya akan terlatih untuk menangkap bunyi. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan sinkronisasi ritme dan urutan-urutan gerakan.

Kreativitas
Selain memberi kesenangan, bermain musik juga dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas. Musik dapat menjadi salah satu fasilitas untuk menyalurkan daya imajinasi dan emosi. Sehingga emosi dan kepribadian anak itu dapat berkembang ke arah yang positif.

Matematika
Musik juga dapat memberi pengetahuan lebih kepada anak sekaligus melancarkan ilmu matematika. Pasalnya, dalam bermusik, anak harus memahami tempo dan ketukan-ketukan setiap nada. Lamanya suatu nada dibunyikan harus dihitung secara teliti.

Kerjasama
Bukan hanya bermain musik saja yang bermanfaat untuk perkembangan anak, aktivitas-aktivitas musik pun dapat menyumbang hal yang berguna bagi perkembangan mereka. Aktivitas musik dengan sendirinya dapat membantu untuk menciptakan kerja sama. Memberikan pemahaman tentang bagaimana musik itu dapat terdengar indah jika saling melengkapi.

Kemampuan sosial
Musik dapat mendorong seorang anak agar memiliki kemauan untuk berkelompok, mendorong terbentuknya jiwa kepemimpinan, dan berkomunikasi yang baik. Pada akhirnya, musik dapat mengembangkan kemampuan sosial anak.

Mengembangkan karakter
Alunan musik klasik adalah jenis musik yang biasa dipercaya dapat mengembangkan otak, jiwa, dan karakter anak. Selain juga dapat mencegah stres.
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner