Tips Pacaran Jarak Jauh Agar Tetap Harmonis

Bersama Sukses
Tips pacaran jarak jauh agar tetap harmonis, awet dan langgeng ala Gen. Memang diperlukan beberapa tips saat menjalani pacaran jarak jauh. Semua orang yang pernah menjalani pacaran jarak jauh mengakui bahwa kondisi seperti ini tidaklah mudah. Bahkan seorang teman saya yang pernah menjalani pacaran jarak jauh mengatakan, "yang paling sulit saat menjalani pacaran jarak jauh adalah menghilangkan perasaan negatif seperti cemburu, curiga dan takut kehilangan. yang ujung-ujungnya akan mengarah ke sikap posesif." Sikap yang harus dijauhi saat menjalani pacaran jarak jauh.

Lantas bagaimana tips pacaran jarak jauh agar tetap langgeng? Apa saja tips pacaran jarak jauh agar hubungan tetap harmonis? Oke, kita langsung saja, ini dia tips pacaran jarak jauh agar tetap harmonis.

Tips Menjaga dan Menjalani Hubungan/Pacaran Jarak Jauh Agar Tetap Harmonis

1. Menjaga komunikasi

Menjaga komunikasi yang baik antara kamu dan pasangan sangat mutlak diperlukan dalam menjalani hubungan /pacaran jarak jauh. Zaman sekarang ini tidak akan sulit untuk melakukan komunikasi karena sudah banyak sarana pendukungnya. Bisa telepon, sms, malahan bisa pake Video Call yang sekarang sedang marak. Jadi manfaaatkan fasilitas ini sebaik mungkin.


2. Menjaga kepercayaan

Saling percaya, adalah sebuah pondasi yang kuat dalam dalam menjalin hubungan. Termasuk saaat menjalani pacaran jarak jauh ini. Ketika kepercayaan sudah ditumbuhkan dalam hati masing-masing, maka hubungan ini pun akan terasa nyaman, hati akan terasa tenteram. Tidak ada lagi rasa was-was dan curiga yang hanya kamu merasa depresi.

3. Buat komitmen yang jelas

Buatlah sebuah komitmen antara kamu dan pasangan. Ke mana arah hubungan ini sebenarnya. Apakah hubungan ini adalah hubungan adalah hbungan yang serius atau hanya main-main. Kalau ini adalah hubungan yang serius berarti kamu dan pasanganmu harus harus sama-sama berikrar untuk menjadi pasangan yang setia. Tapi kalau hubungan ini hanya main-main, berarti kamu hanya sedang membuang -buang waktu.

4.Jangan mudah termakan gosip

Situasi yang tidak memungkinkan untuk sering bertemu membuat informasi yang sampai ke kamu dan pasanganmu simpang siur. Berita itu bisa jadi benar bisa juga hanya gosip belaka. Untuk memastikannya, tentu kamu harus konfirmasi dulu kepada pihak yang bersangkutan, dalam hal ini pacar kamu. Jangan mudah termakan gosip yang tidak benar. Itu hanya akan merugikan kamu saja.

5. Mengenali lingkungan tempat pacar kamu berada

Untuk meminimalkan perasaan was-was, resah, ragu-ragu, curiga, dan yang lainnya, maka kamu perlu untuk mengenal lingkungan tempat dia berada. Misalkan kamu di Bandung dan pacar kamu di Jogja. Usahakan sekali saja kamu berkunjung ke tempat pacar kamu di jogja. Untuk mengenal seperti apa lingkungan tempat dia tinggal, tempatnya kuliah, sekolah atau tempat dia bekerja. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman dan tenang.

6. Menjalin keakraban dengan teman-teman pacar kamu

Ini juga penting nih... Bersosialisasi, menjalin komunikasi yang baik dengan teman pacar kamu akan memudahkan kamu untuk memperoleh informasi apa pun tentang pacar kamu. Cara monitoring yang efektif sekaligus menghilangkan rasa curiga dan cemburu buta. Karena kamu sudah tahu, siapa saja orang-orang yang dekat dengan pacar kamu di sana.

7. Banyak berdoa meminta perlindungan dari Yang Maha Kuasa

Jangan pernah melupakan khasiat sebuah doa. Ingat, hidup manusia sudah ada yang mengatur. Setelah kita berusaha, maka doa adalah langkah selanjutnya yang harus dijalani. Kenapa banyak orang-orang yang was-was, tidak tenang, timbul masalah. Karena mereka lupa meminta ketenangan, Tidak meminta perlindungan agar dijauhkan dari godaan-godaan yang akan merusak hubungan. berusaha dan berdoa, kunci dalam menjalani hidup.

Hubungan jarak jauh, pacaran jarak jauh tidak akan menjadi masalah selama kita bisa membuat komitmen dan menjaga kepercayaan dalam berhubungan. Semoga tips ini membantu kamu yang sedang menjalaninya.

Thanx to Iman, Olivia, dan mas Iful yang sudah menjadi inspirasi untuk artikel ini. Semoga tips pacaran jarak jauh ini bisa membantu buat yang sedang mengalaminya.
Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

32 komentar untuk "Tips Pacaran Jarak Jauh Agar Tetap Harmonis"

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Pacaran Jarak Jauh? Nggak, ah!!!

    ReplyDelete
  2. @alamendah
    nggak kenapa mas..?
    enak loh...!!!! :)

    ReplyDelete
  3. wah wah berguna sekali ini buat saya hehehhe.
    salam kenal.
    ini kunjungan pertama.
    thx for useful posting.

    ReplyDelete
  4. waduh..kalo disuruh memilih antara pacaran jarak jauh n putus aku lebih milih putus...
    nnti kalo udah deket disambung lagi...

    hehehehe
    salam manis
    kenanga

    ReplyDelete
  5. @dian purnomo
    wah, senang sekali kalau artikel saya berguna buat orang lain
    terima kasih atas kunjungannya.

    @kenangamu
    jiahaha... mau enaknya aja nih..
    kalao dia ngga mau balikan lagi gimana..?

    salam manis balik dari saya yang manis..
    buat situ yang manis juga...

    ReplyDelete
  6. LDR asal bisa terlajin dengan baik hasilnya juga baik dan harmonis selalu

    ReplyDelete
  7. @mamah aline
    iya mah, tapi tips tetap diperlukan
    supaya lebih afdolll hehe...

    ReplyDelete
  8. itu artinya apa yah..?
    bahasa mana yah..?

    ReplyDelete
  9. Holaaa.. Aku mampir!
    Menarik banget sih artikelnyyaaa..!
    Ada lagi satu tips yang perlu ditambah. yaitu
    "tahan godaan!"
    Aku udah setahun pacaran jarak jauh... godaannya banyak! Tapi, mesti kuat.. Kalo udah cinta, panjang deh..
    Aku follow yaaaa..
    Salam kenal!!

    ReplyDelete
  10. @-Gek-
    Halooooo.. Makasih udah mampir!
    Hmmh.., tahan godaan yah..?

    okey, thanx..
    kapan2 dijadiin apdet....

    ReplyDelete
  11. Rahmat
    kalo tempat/lingkungan pacar qta tersebut tidak baik gimana???
    pa yang harus qta lakukan??

    ReplyDelete
  12. Tinggal dibicarakan terbuka sama pacar, kalau tinggal di tempat seperti itu sangat riskan buat dia. Tapi kamu harus punya argumen dan bukti yang kuat dan bisa diterima pacar kamu bahwa tempat itu memang tidak baik.

    Terus coba cari tempat kostan lain kan banyak pastinya. Intinya sih, dibicarakan dulu secara terbuka tentang kekhawatiran kamu dengan kondisi lingkungan tersebut...

    ReplyDelete
  13. saya punya pacar pendiam, dan jarang terbuka,,,
    pa yang harus saya lakukan dengan pacar seperti ntu??
    saya pacaran ma dya dengan hubungan jarak jauh,,
    apa jg yang saya harus lakukan supaya dya tidak merasa jenuh dan mungkin bosan dengan hubungan jarak jauh ini??termasuk dalam hal smsan ma dya juga ketika berbicara di telp,jadi pembicaraannya gak terlalu bosan,,,

    ReplyDelete
  14. que py pcR tp que pcrn ma doii jrk jauh,kt sriing bgt bRntm cm gr" msllh spele dwnk gt....
    mnk gk nak cii pcRn jrk jauh,pst da j' cmbruuan"a,,:(

    ReplyDelete
  15. @anonim1
    punya pacar pendiam dan lagi LDR ?
    hmmh, itu kombinasi yg sangat menyulitkan memang, tapi coba deh, ngobrol tentang masalah segari-hari atau curhat mengenai apa yg terjadi sama kamu di sini. Dan jangan lupa, tanyakan juga apa yang dia alami di sana.

    Kalau masalah obrolam biar ngga bosen, coba untuk ngobrol seputar hobby atau apa yang dia sukai. Kalau mau ada feedback di antara kalian berdua, coba pancing dia untuk menanggapi apa yang kamu bicarakan.

    ReplyDelete
  16. @anonim 2
    yah, itulah resiko dalam menjalani hubungan jarak jauh.

    Tapi intinya adalah saling mengerti dan menghargai posisi masing-masing saja. Tanpa itu, hubungan kalian hanya akan sepereti sebuah neraka, di mana kamu tidak bisa keluar....

    ReplyDelete
  17. cow q....
    susah banget kalau cemburu...

    aq pengen buat dy cemburu tp gak terlalu...
    tp gmn caranya....????

    trz dia susah sekali ungkpin prasaanya ke aq...
    pdhl sbnrnya dy syank ma aq...

    bagaimana cra buat cow itu kangen???

    ReplyDelete
  18. mkasih atas tips nya,,,,,,,,,,,
    emang ya law pcran jrak jau yg penting kepercayaa,,saya ckrg ini berpcran jarak jau,,doain langgeng ya,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  19. @suci kurnia
    hihi, pengen dicemburuin yah, Bu? ;)) Coba aja, beberapa hari ngga kontak dia, terus, sering jalan sama temen cowok. Kita liat dia cemburu ngga?

    Kalo ngga, hmm, patut dipertanyakan soal perasaan dia ke kamu yg sebenernya kek gimana?

    Tp kalo dia bener2 cemburu dan ngamuk ngamuk, aku ga ikutan yah? :D

    @anonim
    lagi LDR yah? Komunikasi dan kepercayaan jadi dua kunci utama di sini.

    Sukses yah..? :)

    ReplyDelete
  20. Thanks teman..

    atas ilmunya..setelah baca ini saya tau dan sadar apa arti cinta sebenarnya...janganlah menyia-nyiakan pasangan kamu..dialah yang bisa menemani kamu pd saat susah sedih maupn gmbira...dengan ini kita bisa menjalin hubungan yang harmonis dan jauh dari godaan..

    ReplyDelete
  21. hoLa ,
    uft* hrus sering^ buka ini , cuZ aQ n cwo ku juga ge pcaran jarak jauh ..
    mending kaLAu beda kota ,
    aku beda negara .. ~x( puLang ke indo pun hnya setaon skaLi , tpii utg nya , cwoo ku sLu ngeyakinin aku n gra^ jauh ini , dy jadi Lebi sering ngaLAh kaLAu Lgi ada msLah .. :p
    thx buatt tips'aa . . .

    kLau bsa post yg bsa bikin pcaran jarak jauh menyenagkan .. okeoke .. :D

    ReplyDelete
  22. Hubungan jarak jauh jarang ada yang tahan tuh kebanyakan hubungan jarak jauh malah jadi pemicu putus cinta.....
    bingung ahhhh... moal dipikiran...
    pada intinya saling percaya dan jaga kepercayaan pasangan aja.....

    ReplyDelete
  23. WeItZZzzzz,....
    Buat S'MuA y4n9 puny4 P4S4n9an JaNgan T4kut D1 TIng9al PAc4r Tap1 Takutl4h di Tingg4l K3lu4rg4....
    PaSaNGAn mah D4h AD4 Y4n9 N9aTUR...

    ReplyDelete
  24. bang kalau si cowok sering bo'ong hanya gara2 untuk menjaga hti ceweknya tu gmn??trus klo cowok blng "lbh baeg si cewek ma orng laen krna si cowok gx isa jg si cwek gara2 terpisah jauh bgts trus si cowok jg blng dia akn ttp trsenyum wlwpn sdiihh yg pntng cweknya bahagia,tp si cowok ttp sayang ma si cewek" tu cowok baek pa kgx euy,kasihh alesannya,,
    jejejje,,maav klo bnyakk tanya gni,,,makasih sbelumnya,,

    ReplyDelete
  25. @anonim
    kalo benar apa yg dibilang. berarti dia emang orang yg baik. Dia mencintai kamu dengan tulus. Yg ada dipikirannya hanya ingin agar kamu bahagia. Orang seperti itu faham betul bahwa cinta tidak harus memiliki. Terkadang, pembuktian cinta yang sebenarnya adalah dengan melepas cinta itu. Itu kemungkinan pertama.

    Kemungkinan kedua. Dia sudah tidak menyayangi kamu. dia sudah tidak menginginkan kamu lagi. Makanya dia membuat alasan seperti itu karena tidak ingin menyakiti hati kamu.

    Pada akhirnya, kamu hanya harus mengikuti kata hati kamu.

    ReplyDelete
  26. wah keren artikel ny , besok - besok bakal buka terus akh . thanks yah TIPS ny \m/

    ReplyDelete
  27. jadi pengen jadi cwe setia ni,,walau jakarta-kalimantan,,tetep baca tipz2 aakh,,biar jauh dari kata "selingkuh"..hohoho

    makasih iia tipnya,,
    ^__^

    ReplyDelete
  28. mantapzzzz........
    mudah2an bisalah diaplikasikan..kalok awak pacaran jarak jauh..
    hehehe

    ReplyDelete
  29. thank's ya buat saran nya...moga bisa than lama..klw di praktekin

    ReplyDelete
  30. ªķΰ └ムƍȊ̊ pacaran jarak jauh nih taiwan indo , pulang juga setaun skalii , komunikasi juga jarang kaya.ǎ soalnya dia kerja , pertanyaan saya gimana cara bertahan meskipun jarang komunikasi ??

    ReplyDelete
  31. hal kedua itu yang bikin susah, jarang ada pasangan yang mau percaya sepenuhnya. semuanya posesif, bikin muak aja.

    ReplyDelete