6 Sifat Jelek yang Paling Jelek

Bersama Sukses
Di dalam proses kehidupannya, manusia akan selalu berhadapan dengan dua hal. Baik dan buruk, benar dan salah. Begitu juga dengan sifat yang ada pada diri manusia itu sendiri. Ada sifat yang dianggap baik, ada juga sifat yang dianggap jelek. Tapi pernahkah anda berpikir atau bertanya, Apakah sifat jelek manusia yang paling jelek..?

Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan. Setidaknya ada 6 sifat jelek manusia yang bisa dianggap paling jelek.

1. Suka berbohong, selanjutnya disebut pembohong
Coba anda ingat-ingat berapa kali anda mendengar orang yang berkata, "saya paling tidak suka dibohongi."
Atau silakan anda melakukan survei kecil kepada teman atau rekan kerja dengan pertanyaan, "apa yang paling kamu benci di dunia ini?"
Pasti diantara mereka ada yang menjawab, "saya paling benci kalau dibohongi".
Bukankah ini satu bukti bahwa berbohong adalah sifat yang sangat jelek..? Mau bukti lain? Begini, seorang Penjudi,  harus melakukan judi berkali-kali untuk mendapatkan gelar sebagai seorang penjudi. Tapi, seorang pembohong, tidak harus berbohong berkali-kali untuk mendapatkan gelar sebagai pembohong. Anda cukup berbohong sekali saja dan ketahuan. Maka, anda akan langsung dicap sebagai pembohong, tanpa kompromi. Bahkan untuk seumur hidup.


2. Egois dan Keras kepala
Setuju atau tidak, bagi saya inilah dua kombinasi sifat jelek yang paling dahsyat. Dahsyat jeleknya. Pemilik sifat jelek ini, sesungguhnya adalah seorang yang kesepian. Karena dia tidak punya teman, bahkan dirinya sendiri tidak menyukainya.


3. Sifat sombong
Orang-orang yang membuka dirinya untuk kesombongan, keangkuhan dan arogansi sesungguhnya telah kehilangan nilai-nilai luhur kesederhanaan dan kerendahan hati. Dan orang-orang seperti itu akan merasa dirinya paling tinggi dari orang lain. Yang pada akhirnya akan menganggap remeh orang lain dan memandang rendah. Inilah yang berbahaya.
"Kesombongan adalah sebuah pengkhianatan terhadap nilai-nilai luhur kesederhanaan dan kerendahan hati." (pemikiran sendiri)


4. Sifat munafik
Lengkap sudah kejelekan yang ada pada diri orang munafik ini. Ada tiga ciri orang munafik, ketika berkata dia berdusta, ketika dipercaya dia berkhianat, dan ketika berjanji dia mengingkarinya. Adakah yang lebih jelek dari ketiga kombinasi sifat jelek ini? Bahkan Tuhan pun mengutuk orang-orng munafik ini.


5. Sifat Pemarah
Siapa orang yang suka dimarahi..? Saya yakin orang normal akan menjawab tidak ada. Nah, ini menunjukkan bahwa orang pemarah tidak disukai. Bahkan oleh dirinya sendiri. Orang yang paling tidak dihormati di dunia ini adalah orang pemarah. Karena setiap kali dia marah, berguguran satu rasa hormat orang lain atas dirinya."


6. Sok tahu, Sok pintar
Merasa paling pintar, paling berwawasan. Padahal baca buku atau koran saja enggak pernah. Nonton berita di TV cuma berita gosip. Tapi kalau bicara gayanya seperti seorang diplomat. Dengan gaya sok Inggris, menggunakan kata serapan berakhiran -or, -is, -er, -ise, -isasi, -ment, -if, dan lain-lain. pdahal penempatannya dalam kalimat sama sekali tidak nyambung.
Orang seperti ini paling suka kalau lawan bicaranya pusing dan kebingungan. Merasa pembicaraannya sudah kelas tinggi sehingga tidak bisa diikuti oleh lawan bicara. Padahal, menurut saya, orang yang pintar adalah orang yang bisa menyederhanakan persoalan yang rumit menjadi mudah. Bukan mempersulit masalah yang mudah menjadi rumit.


itulah, 6 sifat jelek yang paling jelek menurut saya. Anda boleh setuju boleh tidak. Boleh mengurangi dan boleh menambahkan. dan tentunya boleh berkomentar.

Ditulis oleh Lukas Gentara

Masukkan email kamu untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Delivered by FeedBurner

19 komentar untuk "6 Sifat Jelek yang Paling Jelek"

Post a Comment