6 Cara Menghilangkan Sifat boros

Menghilangkan sifat boros yang sudah menjadi kebiasaan memang cukup sulit. Namanya juga kebiasaan. Kebiasaan memang sulit dihilangkan karena sudah mendarah daging. Lantas bagaimana? Apakah sifat boros itu tidak bisa dihilangkan? Tentu saja bisa, tapi ada syarat yang harus dipenuhi yaitu tekad yang kuat untuk berubah. Kalau kamu tidak memilikinya, maka semua ini akan sia-sia belaka.



Nah, kalau kamu sudah memiliki tekad yang kuat untuk berubah, mari kita mulai bagaimana cara menghilangkan sifat boros ini.



6 Cara menghilangkan sifat boros


1. Buatlah sebuah analisa
Buatlah sebuah analisa mengenai situasi dan kondisi apa saja yang membuat kamu boros. Di mana saja kamu menghamburkan uangmu. Pokoknya analisa itu harus memenuhi unsur 1H+5w. Buatlah analisa seperti itu dan temukan jawabannya. Setelah itu berusaha untuk menghindarinya secara perlahan dan bertahap. Tidak perlu sekaligus.


2. Buat Skala Prioritas
Buatlah skala prioritas mengenai kebutuhanmu, mana kebutuhan yang benar-benar penting dan mana yang bisa ditangguhkan. Utamakan dulu untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting. Yang berada dalam daftar teratas peringkat kebutuhan.


3. Membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan
Kebutuhan manusia berbeda dengan kebutuhan. Kebutuhan bisa diatur tapi keinginan selalu meminta lebih. Bahkan melebihi kemampuan kita. Seseorang bisa saja memiliki keinginan untuk membeli Kapal pesiar atau pesawat pribadi untuk bisa jalan-jalan. Tapi apakah itu yang kita butuhkan? Jangan-jangan, sebenarnya  yang kita butuhkan hanyalah satu liter bensin untuk sepeda motor yang kita punya untuk bisa jalan-jalan.


4. Bercita-cita membeli sesuatu dan mulai menabung
Memiliki cita-cita berarti memiliki motivasi yang kuat. Bercita-cita membeli barang yang di atas kemampuan kita sehari-hari bisa dijadikan sarana untuk belajar menghilangkan sifat boros. Dengan catan kamu harus mulai menabung juga untuk bisa mewujudkan cita-cita kamu tersebut. Setiap kali kamu punya uang dan ingin menghamburkannya, kamu harus ingat bahwa kamu memiliki cita-cita yang harus kamu wujudkan. Daripada menghamburkan uang tersebut untuk hal yang enggak penting, lebih baik ditabung saja. Kalau sudah terbiasa seperti ini maka secara tidak sadar kamu sudah berubah menjadi pribadi yang hemat.


5. Bawa uang secukupnya saat mau belanja keluar
Kesalahan utama seseorang yang suka boros adalah selalu membawa uang lebih saat keluar atau berbelanja. Akibatnya sering kali mereka tergoda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali. Nanti pas sampai di rumah baru deh, nyesel ngapain beli barang seperti itu..? Padahal ada kebutuhan lain yang lebih penting yang harus dibeli.


6. Membuat anggaran belanja
Buatlah daftar anggaran belanja atau pengeluaran. Sisihkan untuk masing-masing pos. Misalkan untuk pos kesehatan, peralatan, liburan, pakaian, kecantikan, dan lain lain. Dengan begitu, kita bisa lebih mengkontrol pengeluaran. Tidak membabi buta. Walau pun ada melenceng sedikit dari perkiraan, toh jumlahnya tidak terlalu besar.


Nah, selamat menghilangkan sifat boros, dan belajar menjadi orang yang hemat. Saya sendiri sedang belajar..... Semoga kita berhasil. hehe...

Share :

Ingin berlangganan artikel terbaru dari kami? Silahkan isikan alamat email Anda pada kolom di bawah ini:

Delivered by FeedBurner

Komentar Facebook: